Hadiri Halal Bihalal Pawitandirogo, Wali Kota Siap Tingkatkan Sinergi Pembangunan Antar Daerah




JAKARTA – Wali Kota Madiun Maidi turut menghadiri silaturahmi dan halal bihalal Idul Fitri 1444 H bersama paguyuban warga di wilayah Mataraman Pawitandirogo (Pacitan, Ngawi, Magetan, Madiun, Ponorogo). Kegiatan tersebut berlangsung di Sasono Utomo TMII Jakarta, Minggu (14/5).

Adapun dalam kegiatan tersebut juga dihadiri oleh pimpinan daerah Pawitandirogo. Juga, lima paguyuban warga Jawa Timur. Yaitu, Paguma (Madiun), Pawargo (Ponorogo), IKMA (Magetan), PWN (Ngawi), dan PWP (Pacitan). Tahun ini, Pawargo menjadi tuan rumah acara.

Wali Kota Madiun Maidi pun mengapresiasi penyelenggaraan acara tersebut. Orang nomor satu di Kota Pendekar itu mengatakan, acara halal bihalal dapat mempererat silaturahmi antarwarga Pawitandirogo. Kegiatan ini juga diharapkan bisa meningkatkan sinergi pembangunan daerah. Khususnya, di wilayah Pawitandirogo.

‘’Terima kasih kepada Pak Sesmenko karena sudah mengundang saya hadir di sini. Saya siap ikut meningkatkan sinergi pembangunan daerah,’’ ujarnya.

Sementara itu Ketua Umum Pawargo, Sesmenko Perekonomian Susiwijoyo Moegiarso dalam sambutannya juga menyampaikan terima kasih kepada para tokoh nasional dari wilayah Pawitandirogo yang telah hadir dan turut mendukung terselenggaranya acara.

Sesmenko juga menyampaikan Pawitandirogo harus menjadi wadah bersama untuk membangun sinergi antar kabupaten/kota di Jawa Timur dan sekitarnya. “Kami bersama 7 Kepala Daerah sudah berkomitmen untuk membangun sinergi dan kemitraan, guna mendorong pembangunan dan perekonomian daerah di Jawa Timur,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Jatim 2009-2019 Soekarwo atau yang terkenal dengan sebutan Pak De Karwo juga menyampaikan bahwa perekonomian Jawa Timur pasca pandemi tumbuh cukup bagus. Tahun 2022 tumbuh 5,34 persen seditkit di atas pertumbuhan ekonomi nasional yaitu 5,31 persen.

Namun demikian, sebagian kabupaten di wilayah mataraman ini pertumbuhannya masih di bawah itu. Sehingga, diperlukan upaya bersama untuk menjalin sinergi antar daerah. Juga disampaikan pada masa Bonus Demografi ini, menjadi kesempatan emas untuk memanfaatkan berlimpahnya sumber daya usia produktif di daerah.

‘’Pawitandirogo ini merupakan bentuk sinergi yang konkret antar pemerintah daerah dan para warganya. Saya harap paguyuban ini dapat berkontribusi nyata terhadap perekonomian daerah,’’ imbuhnya.

Selain Pak De Karwo, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Anggota 1 BPK RI Nyoman Adhi Suryadnyana, Kaset Wapres Erani Yustika, Sekjen Kemenaker Anwar Sanusi, Plt. Sekjen Kemensos Robben Rico, Dirjen PDP Kemendes Sugito, Kepala Basarnas Marsda TNI Henri Alfiandi, Marsekal TNI (Purn) Djoko Suyanto, mantan Ketua KPK Agus Rahardjo, dan tokoh-tokoh lain dari Jawa Timur seperti Luluk Soemiarso dan Soetarto Alimoeso. (WS Hendro/irs/madiuntoday)