Kota Madiun Makin Seksi Di Mata Investor



Dua RS Siap Ekspansi Ke Kota Pendekar

MADIUN – Dulu disingkiri, sekarang disinggahi. Kalimat yang sering diucapkan Wali Kota Madiun Maidi untuk menggambarkan daerah yang dipimpinnya memang bukan isapan jempol belaka. Tidak hanya wisatawan, Kota Madiun juga berhasil menyedot perhatian investor.

Terbaru, dua rumah sakit (RS) swasta siap berekspansi ke Kota Pendekar. Yaitu, RS Darmayu dan RS Hermina. Jika terealisasi, nilai investasinya mencapai ratusan miliar.

Menurut Wali Kota Maidi, kedua rumah sakit tersebut sejatinya telah berencana membangun layanan kesehatan di Kota Madiun sejak tahun lalu. ‘’Tapi, baru berprogres tahun ini. Nilai investasinya mencapai Rp 200 miliar,’’ ujarnya, Senin (15/5).

Wali kota mengungkapkan, saat ini RS Hermina telah melakukan survei lokasi pembangunan di Kota Madiun. Lokasi yang dibutuhkan sekitar dua hektare.

Nilai investasi RS Hermina, menurut wali kota, diperkirakan mencapai Rp 300 miliar. Saat ini, lokasi telah tersedia. Pun, tidak melanggar ketentuan tata ruang dan strategis untuk pusat layanan kesehatan.

Sebagai informasi, Pemkot Madiun telah berhasil melampaui target investasi selama tiga tahun berturut-turut. Pada 2020, realisasi investasi mencapai Rp 327 miliar dari target sebesar Rp 183 miliar. Selanjutnya, pada 2021 tercapai angka Rp 202 miliar dari target Rp 191 miliar. Begitu pula pada 2023, realisasi menyentuh Rp 214 miliar dari target Rp 193 miliar. ‘’Kami optimistis target investasi tahun ini tercapai,’’ tandasnya. (WS Hendro/irs/madiuntoday)