Beragam Ekspresi Siswa-Siswi SD Ikuti Lomba Bertutur Tingkat Kota




MADIUN - Satu per satu siswa bergantian bercerita dengan penuh antusias. Mereka membawakan cerita berbeda dan dengan ciri khas masing-masing.

Mulai dari cerita sejarah hingga membawakan cerita anak. Cerita pun semakin seru karena dibawakan dengan Bahasa Indonesia dan campuran dialek bahasa Jawa.

Ya, itu adalah gambaran para peserta lomba bertutur yang digelar oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Madiun, Selasa (16/5). Sebanyak 15 siswa sukses tampil memukau di hadapan juri. Mereka merupakan hasil seleksi dari 36 peserta.

“Kegiatan pembudayan gemar membaca rutin kita lakukan tiap tahun. Harapannya yang lolos di tingkat kota bisa maju ke tingkat provinsi,” terang Subkor Pembudayaan Gemar Membaca Dispusip, Sinta Nuzuliana.

Penilaian, lanjutnya, mencakup penampilan, teknik penuturan, hingga penguasaan materi. Tema cerita yang dibawakan para peserta pun beragam.

“Melalui lomba ini diharap kedepan lebih banyak sekolah yang ikut dan juga meningkatkan kemampuan siswa dalam bertutur,” pungkasnya.
(Ney/kus/madiuntoday)