Tertarik Konsep Kota Miniatur Modurodam Den Haag, Wali Kota Ingin Terapkan di Lapak Semendung




DEN HAAG, BELANDA – Ada saja ide yang dibawa Wali Kota Madiun, Maidi dalam lawatan di Belanda. Orang nomor satu di Kota Pendekar itu berencana membangun miniatur Kota Madiun di satu kawasan. Ide itu mengemuka setelah wali kota mengunjungi Madurodam di Kota Den Haag, Selasa (16/5) siang waktu setempat.

Madurodam merupakan sebuah kota miniatur yang terletak di Scheveningen, Den Haag. Kota ini adalah model dari sebuah kota Belanda dalah skala 1:25. Di dalamnya, terdiri dari bangunan-bangunan khas Belanda dan landmarks seperti yang ditemukan di berbagai lokasi di negara tersebut.

‘’Ini luar biasa ya dan bisa kita adopsi untuk kota kita. Mungkin bisa kita buat untuk penyempurnaan lapak, seperti di Lapak Bumi Semendung,’’ kata wali kota.

Khususnya untuk miniatur transportasi air. Di Madurodam memang terdapat miniatur transportasi air lengkap dengan sejumlah kapalnya. Juga ada jembatan dan rel kereta kecil. Di sekitarnya, ada miniatur kincir angin. Wali kota menyebut kincir angin juga bisa ditambahkan di kawasan wisata Sumber Umis. Rencananya, lebih dari satu kincir.

‘’Kincir yang di Sumber Umis, kita buat satu yang besar, kemudian ada beberapa yang kecil-kecil di sekitarnya. Pasti akan menarik,’’ jelasnya.

Selain melihat miniatur landmark di sana, wali kota ikut menanam bunga di taman Modurodam. Kebetulan terdapat petugas yang sedang melakukan perawatan bunga. Jiwa kecintaan wali kota akan tanaman langsung mengemuka dengan turut membantu menanam. Wali kota juga melihat video terkait promosi daerah di lokasi tersebut.

‘’Artinya, di kawasan ini sudah memadukan antara potensi alam dan kecanggihan teknologi. Kita juga harus bisa seperti ini,’’ pungkasnya. (disbudpar/agi/madiuntoday)