Dalam Tahap Pengerjaan, RTH Winongo Juga Tak Kalah Menawan




MADIUN – Penambahan Ruang Terbuka Hijau (RTH) terus dilakukan di Kota Madiun. Beberapa RTH pun tengah dalam pengerjaan. Seperti RTH Winongo yang sudah mulai dikerjakan sejak pertengahan April kemarin. RTH Winongo ini menambah sejumlah kelurahan yang juga tengah mengemuka pembangunan RTH tahun ini. Sebelumya, ada RTH Bumi Mas dan RTH Candi Sewu yang juga dalam proses pengerjaan.

‘’Kalau untuk di Winongo ini melanjutkan yang sudah ada sebelumnya. Di lokasi itu sudah dibangun pendopo dan kita lanjutkan tahun ini,’’ kata Kepala Bidang Prasarana Sarana dan Utilitas Ruang Terbuka Hijau, Penerangan Jalan Umum dan Pemakaman Dinas Perkim Kota Madiun Andi Anto, Senin (22/5).

Andi menyebut areal yang dikerjakan tahun ini meliputi taman di sebelan selatan pendapa dan sisi sedikit di sisi utara. Taman rencananya berukuran sekitar 11x11 meter. Di dalamnya terdapat sejumlah fasilitas. Seperti gazebo, kursi taman, hingga mainan anak. Area juga dilakukan pavingisasi tiga dimensi.

‘’Kalau kemarin hanya pendapa, nanti bisa ada banyak fasilitas. Termasuk lapak kontainer untuk kuliner,’’ jelasnya.

Andi menyebut seperti RTH sebelumnya, anggaran pembangunan sekitar Rp 200 juta. Tahun ini, pihaknya membangun tujuh RTH. Semua RTH tersebut sedang dalam proses pembangunan. Selain itu, pihaknya juga melakukan pembangunan dua kampung tematik. Untuk kampung tematik dianggarkan Rp 300 juta. Pembangunan ditargetkan selesai dalam dua tiga bulan ke depan.

‘’Total kita sudah ada 75 RTH. Tetapi terus kita tambah dengan memanfaatkan areal yang belum dimanfaatkan secara maksimal,’’ pungkasnya. (rams/agi/madiuntoday)