Tinggal Hitungan Hari Berangkat ke Tanah Suci, Jemaah Calon Haji Kota Madiun Mulai Kumpulkan Koper di Asrama Haji




MADIUN - Keberangkatan jemaah calon haji (JHC) Kota Madiun tinggal dalam hitungan jam. Kota Madiun masuk dalam kelompok terbang (kloter) 2, bersama jemaah asal Bangkalan. Sebelum keberangkatan, mereka diminta mengumpulkan koper di Asrama Haji Setempat.

Seperti yang terlihat pada Senin (22/5). Koper tersebut akan diberangkatkan ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya pada Selasa pagi (23/5) mendahului keberangkatan para jemaah calon haji.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kemenag Kota Madiun, Koirul Kamami mengatakan, koper para jemaah yang sudah terkumpul dilakukan pengecekan oleh petugas. Utamanya berat koper tidak boleh lebih dari 20 kg.

"Alhamdulillah para jemaah calon haji sudah mengerti aturan. Barang-barang yang dilarang dibawa ya seperti barang elektronik, senjata tajam yang mengandung besi, serta barang yang baunya menyengat juga tidak boleh dibawa," ucapnya.

Seperti diketahui, JCH Kota Madiun masuk dalam kelompok terbang (kloter) 2, bersama JCH asal Bangkalan. Dari Kota Madiun, ada 157 JCH yang berangkat ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya pada 23 Mei. Sedangkan 15 orang lainnya masuk cadangan, yang berangkatnya tidak bersamaan.

Dari jumlah 157 yang berangkat, rinciannya lunas tunda sesuai urutan porsi dan lansia sebanyak 155 orang. Kemudian satu orang petugas haji daerah (PHD), dan satu orang pembimbing dari kelompok bimbingan ibadah haji dan umroh (KBIHU).

"Saya berharap setelah pengumpulan koper ini, jemaah istirahat. Jangan sampai tenaganya diforsir. Kita setelah sampai di Asrama Haji Sukolilo Surabaya diberikan waktu dua hari disana baru terbang ke Madinah. Terbangnya 11 jam," pungkasnya.
(Ney/kus/madiuntoday)