Buka Pendaftaran Kuota Khusus, Dindik Beri Kesempatan Warga Luar Kota Untuk Sekolah Di Kota Madiun




MADIUN - Dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2023/2024, Dinas Pendidikan kembali membuka pendafatarn kuota khusus. Langkah ini dilakukan untuk membuka kesempatan bagi warga luar daerah yang ingin bersekolah di Kota Madiun.

Adapun kuota khusus dibuka di 14 sekolah negeri. Rinciannya, 10 jenjang SD dan empat lainnya di jenjang SMP.

"Sama seperti tahun lalu. Tahun ini kami buka kuota khusus di 14 sekolah," ujar Kabid Kurikulum, Pembinaan Bahasa, dan Sastra Dindik Kota Madiun, Slamet Hariyadi, Selasa (23/5).

10 SD negeri tersebut yaitu SDN 02 Taman, SDN Kejuron, SDN 02 Winongo, SDN 02 Kartoharjo, SDN Sukosari, SDN 01 Kanigoro, SDN 01 Madiun Lor, SDN Kuncen, SDN 03 Josenan, dan SDN 01 Demangan. Sedangkan, SMP negeri yang membuka kuota khusus adalah SMPN 8, SMPN 9, SMPN 12, dan SMPN 14.

Dindik pun menyediakan 30 persen dari total pagu di masing-masing sekolah tersebut. Harapannya, dapat dimanfaatkan oleh calon peserta didik untuk mendapatkan sekolah lebih awal.

Jalur kuota khusus dibuka pada 5-7 Juni 2023. Cara pendaftarannya, calon peserta didik bisa langsung datang ke sekolah yang dituju. Proses pendaftaran tidak dipungut biaya apapun.

Meski ditujukan bagi warga luar daerah yang ingin bersekolah di Kota Madiun, layanan kuota khusus ini juga bisa dimanfaatkan oleh siswa yang berdomisili di Kota Pendekar.

"Kalau sudah mendaftar dan diterima, berkas sudah tidak boleh dicabut," tandasnya. (irs/madiuntoday)