Keliling Tiga Sekolah di Kota Madiun, Perwakilan Kedubes Ceko untuk Indonesia Jajal Sekaligus Terpesona Budaya Lokal




MADIUN - Indonesia kaya akan budaya bangsa, tak heran jika banyak warga daerah lain yang ingin mengenal lebih jauh tentang budaya Indonesia. Seperti yang dilakukan oleh perwakilan Kedutaan Besar Cekoslowakia untuk Indonesia, Ales Kerja.

Dirinya berkeliling ke tiga sekolah yang ada di Kota Madiun untuk melihat secara langsung bagaimana sistem pendidikan yang ada di Kota Pendekar. Mulai dari pembelajaran dalam kelas hingga penerapan kesenian yang ada di sekolah.

Seperti yang terlihat di SMPN 3, Ales terlihat antusias menari sembari menggunakan topeng ganongan dan membatik bersama siswa. “I’m really surprised. The culture, art, and education very best. I was so amazed how profesional they are,” ungkapnya.

Tak hanya itu, perwakilan Kedubes Ceko untuk Indonesia itu juga mengunjungi SMPN 11 dan SMPN 1 Kota Madiun. Dalam satu hari dirinya mempelajari bagaimana siswa-siswi Kota Pendekar belajar di sekolah.

Di SMPN 1 Kota Madiun, Ales bersama Wali Kota Maidi menyaksikan secara langsung bagaimana penerapan pembelajaran kelas menggunakan Bahasa Inggris. Juga melihat penampilan siswa menarikan tarian Retno Dumilah.

“I even consider to bring some tools and of course tells the experience in here,” ucapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Madiun Lismawati mengatakan, kedatangan perwakilan Kedubes Ceko itu sebagai tindak lanjut kerjamsama Kota Madiun dan Kota Plzen di bidang pendidikan dan kebudayaan.

“Nantinya akan ada kerjasama pendidikan dan kebudayaan antara Ceko dan Kota Madiun untuk sister city. Harapan kami terjadi pertukaran budaya dari pelajar disini untuk dibawa ke Ceko,” pungkasnya.
(Dspp/kus/madiuntoday)