Rangkaian Ibadah Haji Dimulai, 157 CJH Kota Madiun Diberangkatkan Hari Ini




MADIUN – Calon jamaah haji (CJH) Kota Madiun 2023 akhirnya memulai rangkaian perjalanan ibadah ke tanah suci. Selasa (23/5), sebanyak 157 CJH diberangkatkan dari Wisma Haji Kota Madiun menuju Asrama Haji Sukolilo Surabaya. Selanjutnya, mereka akan diterbangkan ke Madinah bersama kloter 2 CJH Embarkasi Surabaya pada Rabu (24/5).

Tangis haru pun mewarnai keberangkatan CJH di Kota Madiun. Namun, mereka juga tampak bahagia karena akan segera menunaikan rukun Islam yang ke-5. Apalagi, bagi mereka yang keberangkatannya sempat tertunda karena pandemi Covid-19.

Hal ini seperti diungkapkan oleh Prayitno. Warga Kelurahan Mojorejo yang menjadi haji tertua dengan usia 78 tahun itu telah menanti keberangkatan haji sejak 2011. ‘’2020, 2021, 2022 tertunda karena Covid. Alhamdulillah, tahun ini bisa berangkat bersama istri,’’ ujarnya.

Dengan usia yang tak lagi muda, Prayitno pun melakukan persiapan ekstra. Salah satunya, berolahraga setiap hari untuk menjaga tubuh tetap bugar. Pun, dia membawa obat-obatan sebagai antisipasi. Dirinya pun berharap ibadahnya kali ini bisa berjalan lancar dan pulang tanpa kurang satu apapun bersama sang istri.

Harapan serupa juga disampaikan oleh Tari Ngesti Rahayu kepada sang suami, Ibnu Syahid, yang menjalankan ibadah haji tahun ini. ‘’Semoga bapak sehat, diberi umur panjang, dan menjadi haji yang mabrur,’’ tutur warga Kelurahan Banjarejo itu.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Kota Madiun Munir Rouf menjelaskan bahwa tahun ini ada 180 CJH Kota Madiun yang mendapat kesempatan untuk berangkat ke tanah suci. 157 orang telah berangkat hari ini. Sedangkan, 23 orang lainnya masuk kuota cadangan.

‘’Untuk 23 orang lainnya masih menunggu di kloter berikutnya,’’ terang Munir saat memberikan sambutan.

Dalam kesempatan itu, Munir juga mengimbau kepada para jamaah untuk senantiasa menjaga kesehatan. Apalagi, saat ini cuaca di Arab Saudi cukup panas hingga mencapai 41-44 derajat celcius. ‘’Jaga kesehatan, perbanyak minum air Zam-zam yang tidak dingin, dan pakai alas kaki,’’ tandasnya. (Rams/irs/madiuntoday)