Wali Kota Maidi Ajak Masyarakat Sukseskan Sensus Pertanian 2023




MADIUN - Wali Kota Maidi mengajak masyarakat menyukseskan Sensus Pertanian tahun 2023 karena hasilnya akan menjadi data akurat untuk menjadi acuan kebijakan yang tepat. 


"Sensus pertanian dilaksanakan setiap 10 tahun sekali. Tahun ini akan dimulai pada 1 Juni hingga 31 Juli 2023. Saya harap seluruh stakeholder ikut membantu menyukseskannya,” tegas Wali Kota Maidi dalam sambutannya saat membuka Rakor Sosialisasi Sensus Pertanian, Kamis (25/5). 


Dalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Madiun Dwi Yuhenny mengatakan dalam sensus pertanian kali ini BPS akan mendata segala hal untuk mengetahui terkait sektor pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, dan kehutanan terkini.


“Kami menyiapkan 48 petugas, yang akan dilatih pada 28 hingga 31 Mei. Pengawas dari BPS ada 8 dan ada tiga koordinator tiap kecamatan,” terangnya.


Sementara untuk responden dalam sensus pertanian 2023 kali ini ada tiga. Yaitu, unit usaha pertanian perorangan, perusahaan pertanian berbadan hukum, dan Unit Usaha Pertanian Lainnya (UTL).


“Harapannya lewat sensus ini bisa menghasilkan data yang akurat dan valid sehingga bisa mengikuti perkembangan pertanian sekarang,” pungkasnya.

(Dspp/kus/madiuntoday)