Tak Sekedar Ajang Unjuk Gigi, Sertifikat LCC 2023 Jadi Nilai Tambah Masuk Sekolah Jalur Prestasi




MADIUN – Lomba Cerdas Cermat (LCC) 2023 jenjang SD di Kota Madiun telah sampai di tingkat kota. Setidaknya terdapat enam peserta dari tiga kecamatan yang tampil di partai final tersebut. Keenam peserta sebelumnya sudah menjalani LCC di tingkat kecamatan. Yakni, SDN 02 Mojorejo dan SDN 03 Josenan dari Kecamatan Taman, SDN 01 Kartoharjo dan SDN 02 Kanigoro dari Kecamatan Kartoharjo, serta SDN 02 Madiun Lor dan SDN 03 Madiun Lor dari Kecamatan Manguharjo.


Kepala Dinas Pendidikan Kota Madiun, Lismawati menyebut LCC merupakan gelaran rutin Dinas Pendidikan untuk menguji kemampuan akademik sekaligus membangun karakter peserta didik. Setidaknya, kegiatan tersebut diharap dapat melatih jiwa kompetitif bagi peserta didik. 


‘’Ini merupakan ajang untuk melatih anak-anak agar memiliki jiwa yang kompetitif sekaligus tentu saja untuk mewadahi prestasi di bidang akademik,’’ kata Lismawati di sela final LCC jenjang SD 2023 di halaman kantor Dinas Pendidikan, Sabtu (27/5).


LCC, lanjutnya, diharap juga menambah wawasan dan pengalaman bagi peserta didik. Setidaknya, ada banyak pertanyaan dari berbagai mata pelajaran. Selain itu, LCC juga melatih mental anak-anak untuk tampil di depan umum. Apalagi, kegiatan juga ditayangkan secara langsung di kanal youtube Pemerintah Kota Madiun dan juga Programa 1 Radio Republik Indonesia (RRI) Madiun. 


‘’Ada banyak manfaat yang bisa siswa maupun guru dapat ya. Ini juga sarana evaluasi bagi kami atas pembelajaran yang selama berlangsung khususnya dalam satu tahun terakhir ini,’’ jelasnya.


Lismawati menambahkan anak-anak peserta LCC juga akan mendapatkan piagam penghargaan, uang pembinaan, dan juga sertifikat. Nah, sertifikat nantinya bisa digunakan untuk membantu proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di jenjang SMP. Peserta LCC ini memang sengaja bagi mereka dari kelas 6. Artinya, sertifikat bisa menambah nilai untuk bersaing masuk ke tingkat SMP dari jalur prestasi. 


‘’Ini memang wadah pembinaan prestasi akademik bagi siswa khususnya kelas 6 yang memasuki tahun akhir pembelajaran. Dan nanti sertifikat dari kegiatan ini bisa digunakan untuk menambah nilai masuk ke jenjang SMP,’’ pungkasnya. 


LCC kali ini dimenangkan SDN 02 Mojorejo dengan nilai akhir 1.885. Di peringkat kedua ada SDN 03 Madiun lor dengan nilai 1.632. Sementara peringkat ketiga diraih SDN 01 Kartoharjo dengan nilai 1.530. (ney/agi/madiuntoday)