Laju KA Makin Cepat, KAI Imbau Warga Lebih Hati-Hati




MADIUN – Kecepatan kereta api yang melintasi wilayah kerja PT KAI Daop 7 madiun mengalami peningkatan. Hal ini berdasarkan penetapan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) mulai 1 Juni 2023.


Manager Humas Daop 7 Madiun, Supriyanto mengatakan bahwa pada pemberlakuan Gapeka 2023, kecepatan kereta api mencapai 120 kilometer per jam. Peningkatan kecepatan ini terjadi pada jalur Stasiun Walikukun – Stasiun Mojokerto. Kecepatan perjalanan KA ditingkatkan dari 105 km/jam menjadi 120 km/jam. Juga, pada lintas antara Stasiun Kertosono – Stasiun Blitar ditingkatkan dari 100 km/jam menjadi 110 km/jam.


"Pemberlakuan Gapeka 2023 mulai 1 Juni 2023 ini membuat waktu tempuh perjalanan kereta api di wilayah PT KAI Daop 7 Madiun menjadi lebih cepat," ujar Supriyanto, Minggu (28/5) 


Sejumlah KA yang mengalami percepatan waktu tempuh di antaranya, KA Bangunkarta, KA Brantas, KA Bima, dan KA Mutiara Selatan. Rata-rata, waktu tempuh menjadi lebih cepat antara 38-72 menit.


Selain peningkatan kecepatan, pada Gapeka 2023 terdapat pula peningkatan frekuensi KA yang melintas di wilayah Daop 7 Madiun. Jumlah kereta yang melintas yakni 40 perjalanan kereta api jarak jauh, 12 kereta api barang, dan 30 kereta api commuter line.


Karenanya, Supriyanto mengimbau masyarakat yang hendak melewati perlintasan sebidang KA untuk lebih berhati-hati dan selalu tertib mematuhi rambu lalu-lintas.


"Seluruh posko di berbagai unit kerja juga sudah siap untuk memastikan seluruh aspek dari mulai layanan penumpang dan operasional kereta api berjalan lancar dan terkendali," imbuhnya.


Selain itu, KAI mengimbau kepada calon pelanggan untuk memperhatikan kembali jadwal perjalanannya. Pasalnya, percepatan waktu tempuh pada hampir semua KA Jarak Jauh mulai 1 Juni 2023 tersebut berimbas pada perubahan jam keberangkatan kereta api.


“Kami harap masyarakat tetap menggunakan kereta api sebagai transportasi andalan,’’ tandasnya. (Ney/irs/madiuntoday)