Bawah Jembatan Banyak Bambrongan Bambu, BPBD Gerak Cepat Lakukan Pembersihan




MADIUN - Bambrongan bambu dan tumpukan sampah yang ada di bawah jembatan Bantaran selain tak sedap dipandang mata juga mengakibatkan bencana jika dibiarkan.

Maka dari itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Madiun melakukan pembersihan sampah di Bengawan Madiun tepatnya di bawah jembatan Bantaran, Selasa (30/5).

Kepala pelaksana BPBD Kota Madiun, Wahyudi mengatakan banyak sampah yang menumpuk di bawah jembatan. Sampah tersebut didominasi bambrongan bambu, sampah plastik, maupun sampah dari limbah rumah tangga.

“Pembersihan ini kita laksanakan rutin sebagai bentuk mitigasi bencana," tegasnya.

Lebih lanjut Wahyudi mengatakan, dalam pembersihan kali ini melibatkan 20 personel BPBD. Ditambah personel dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim), dan personel Batalyon Para Raider 501/BY Madiun.

Tak lupa, Wahyudi mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai maupun saluran air. Selain menghambat aliran air, juga mengganggu estetika kota.

“Masyarakat tidak membuang sampah di sungai agar aliran air lancar," ungkapnya.

Pembersihan sampah kali ini berfokus di jembatan Bantaran. Kemungkinan memerlukan waktu dua pekan. Tidak menutup kemungkinan, juga akan menyasar di lokasi lain. 
(Ney/kus/madiuntoday)