Disnaker Buka Pelatihan Barista, Pendaftaran Dibuka Sampai 8 Juni Mendatang




MADIUN – Dinas Tenaga Kerja Koperasi, Usaha Kecil Menengah Kota Madiun kembali membuka pelatihan kerja. Kali ini ada pelatihan Barista. Pendaftaran telah dibuka sejak 29 Mei lalu dan akan ditutup 8 Juni mendatang. 


Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil Menengah Kota Madiun, Andriono Waskito Murti menyebut peminat pelatihan tersebut cukup luar biasa. Hingga saat ini setidaknya sudah ada 80 berkas yang masuk. Karenanya, pihaknya akan melakukan seleksi terlebih dahulu. 


‘’Peminatnya cukup banyak. Sampai saat ini sudah ada sekitar 80 yang masuk. Nanti akan kita seleksi,’’ katanya, Rabu (31/5).


Sebab, untuk peserta pelatihan juga dibatasi. Kuotanya hanya 12 orang. Hal itu dimaksudkan agar pelatihan bisa berjalan optimal. Seleksinya pun beragam. Mulai seleksi administrasi, tes tulis, dan wawancara. Pihaknya memang menginginkan peserta yang lolos benar-benar memiliki minat dan basic terkait dunia barista. Bukan peserta yang sekedar mencari pengalaman. 


‘’Jadi pesertanya bukan asal-asalan dan sekedarnya. Kami ingin pesertanya benar-benar yang berkompeten di bidang itu,’’ jelasnya. 


Andriono berharap peserta yang masing ingin mendaftar tidak perlu berkecil hati. Mereka yang sudah mengirim berkas belum pasti diterima. Karenanya, dia mengajak masyarakat Kota Madiun yang memang memiliki passion di bidang Barista dan memenuhi syarat untuk melamar. Apalagi, ada banyak fasilitas yang akan didapatkan. Mulai modul, uji kompetensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), sertifikat pelatihan, konsumsi, dan biaya transportasi. 


‘’Peluangnya masih terbuka lebar. Silahkan ini dimanfaatkan,’’ pungkasnya. (rams/agi/madiuntoday)