Penyempurnaan Pahlawan Religi Center Juga Telah Dimulai, dari Tempat Lapak, Gapura, sampai Lantai




MADIUN – Penyempurnaan Pahlawan Religi Center (PRC) telah dimulai. Pembangunan kali ini berfokus pada tempat lapak. Seperti diketahui, lapak tempat berjualan bagi pedagang masih berupa tenda. Tak hanya itu, pembangunan juga menyasar gapura dan juga bagian lantai. 


‘’Sementara kita mulai yang sisi selatan. Jadi biar pedagang masih bisa berjualan di sisi utara. Nanti bergantian,’’ kata Kepala Bidang Cipta Karya DPUR Kota Madiun Sulistya Pambudi, Rabu (31/5).


Uut, sapaannya, menyebut desain tempat lapak untuk kawasan PRC tersebut berciri timur tengah. Hal itu sengaja agar senada dengan kawasan Musala Ka’bah. Seperti penataan tenda saat ini, pembangunan lapak permanen tersebut nantinya juga ada di kanan dan kiri musala Ka’bah. Jumlahnya sementara ada 20 lapak. Tapi masih bisa berubah. 


‘’Artinya, nanti pedagang bisa lebih nyaman dan aman. Kawasan itu nanti juga akan semakin menarik,’’ jelasnya. 


Apalagi, juga ada penambahan gapura. Ada dua gapura. Yakni, di sisi selatan dan utara. Selain itu, bagian lantai juga akan ada perubahan. Lantai akan dilapisi epoxy. Artinya, akan halus dan mengkilap. Uut menambahkan ke depan rencananya juga akan ditambah payung peneduh. Setidaknya terdapat dua payung. Namun, dia menyebut penambahan payung diperkirakan masih tahun depan. 


‘’Yang jelas, dalam anggaran itu nanti juga sekaligus untuk pembangunan replika menara jam big ben Inggris,’’ pungkasnya sembari menyebut total anggarannya mencapai Rp 3 miliar. (ws hendro/agi/madiuntoday)