Jajal Mobil Dinas Bertenaga Listrik, Wali Kota : Madiun Siap Terapkan Kendaraan Ramah Lingkungan




MADIUN – Wali Kota Madiun Maidi bakal mengoperasikan mobil dinas baru. Tidak seperti sebelumnya, mobil dinas kali ini merupakan kendaraan bertenaga listrik.

Adalah Hyundai Ioniq 5 yang akan menemani tugas kedinasan orang nomor satu di Kota Pendekar itu. Khususnya, saat menerima kunjungan tamu kehormatan dari dalam maupun luar negeri ke depan.

Rabu (7/6), mobil listrik itupun didatangkan dari dealer Hyundai di Surabaya. Wali kota pun menjajal sendiri mobil dinas berwarna silver itu. Rutenya tidak panjang. Hanya dari kawasan Sun City Kota Madiun menuju balai kota.

‘’Mobilnya enak, tidak ada suara apa-apa, tenang,’’ ujarnya saat ditanyai kesan mengendarai mobil listrik.

Pengunaan kendaraan listrik, menurut wali kota, merupakan tindak lanjut dari instruksi Presiden RI Joko Widodo untuk menggunakan kendaraan nol emisi gas buang. Dengan begitu, diharapkan kualitas udara di Indonesia bisa semakin meningkat.

Lebih lanjut, wali kota menjelaskan bahwa saat ini mobil listrik baru digunakan sebagai mobil dinasnya. Sedangkan, pemesanan terhadap motor listrik sudah dilakukan dengan jumlah yang cukup besar. ‘’Mobil baru dapat satu karena indennya lama. Tapi motor listrik sudah beli agak banyak,’’ ungkapnya.

Sedangkan, bagi kepala dinas sudah difasilitasi mobil dinas baru untuk mengganti kendaraan lama yang umurnya sudah cukup tua.

Wali kota pun menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak swasta untuk memfasilitasi stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di Kota Madiun. Dengan begitu, warga kota maupun wisatawan yang menggunakan kendaraan listrik bisa lebih mudah mengisi daya saat berada di Kota Madiun. ‘’Mungkin nanti di PBC,’’ tandasnya. (Rams/ney/irs/madiuntoday)