Kejar Target, Dukcapil Kota Madiun Buka Layanan Instal IKD di Pasar Besar




MADIUN - Layanan Identitas Kependudukan Digital (IKD) terus dioptimalkan. Terbaru, petugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Madiun membuka layanan penginstalan IKD di Pasar Besar mulai 7 sampai 9 Juni 2023.

Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dispendukcapil Kota Madiun, Pujo Suprantio mengatakan, IKD yang menjadi sasaran kewajiban berada di kisaran 170 ribu.
Angka tersebut mengalami kenaikan karena anak usia 16 sudah mulai perekaman.

“Saat ini dari 170 ribu, sekitar 160 penduduk sudah melalukan perekaman dan otomatis punya KTP. Target kami 25 persen dari jumlah penduduk yang sudah melakukan perekaman KTP el, kita data untuk instal IKD,” terangnyanya.

Saat ini, lanjutnya pihaknya sudah menginstal IKD 7,73 persen dan sampai 6 Juni, Kota Madiun jadi daerah tertinggi di Jawa Timur yang sudah melakukan penginstalan IKD. Pujo mengatakan, tahun ini optimis target 25 persen terpenuhi.

“Makannya sekarang kita jemput bola di Pasar Besar Madiun. Pengunjung dan pedagang harapannya bisa melakukan perekaman disini. Rencana 17-24 Juni juga akan membuka pelayanan malam di Pahlawan Street Center,”pungkasnya.
(Dspp/kus/madiuntoday)