Dindik Pantau Pelaksanaan PPDB Jalur Online Tahap 1




Baru Hari Pertama, Pagu Sejumlah Sekolah Mulai Terpenuhi

MADIUN – Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2023 Jalur Online Tahap I dimulai, Senin (12/6). Untuk memantau kesiapan sekolah, tim dari Dinas Pendidikan pun melaksanakan monitoring ke lapangan.

Hal ini seperti tampak di SMPN 7, SMPN 2, dan SMPN 4 Kota Madiun. Sekitar pukul 07.30, tim Dinas Pendidikan telah berkeliling ke sekolah tersebut. ‘’Kami pantau bagaimana kesiapan sekolah membantu masyarakat. Meski pendaftarannya online, orang tua atau siswa bisa datang ke sekolah untuk dibantu proses PPDB-nya,’’ ujar Kabid Kurikulum, Pembinaan Bahasa, dan Sastra Dindik Kota Madiun, Slamet Hariyadi.

Pada PPDB Jalur Online Tahap I, calon peserta didik dapat mendaftar melalui jalur Afirmasi, Prestasi Nilai Rapor, Prestasi Akademik/Non Akademik, dan Perpindahan Tugas Orang Tua. Tentunya, pendaftar di Tahap I wajib memenuhi persyaratan sesuai yang tertera dalam Perwal PPDB tahun ini.

Menurut Hariyadi, animo masyarakat untuk mendaftar sekolah di Tahap I ini cukup tinggi. Hal ini terbukti dengan terpenuhinya pagu sejumlah sekolah meski pendaftaran hari pertama baru dibuka.

Adapun pagu masing-masing jalur yakni Afirmasi sebesar 15 persen, Pindah Tugas Orang Tua sebesar 5 persen, Prestasi Nilai Rapor sebesar 15 persen, Prestasi Akademik 4 persen, Non Akademik 10 persen, dan golden ticket bagi hafidz Qur’an 1 persen.

Lebih lanjut, Hariyadi mengatakan bahwa PPDB Online Tahap I berlangsung hingga 14 Juni 2023. Karenanya, Hariyadi mengimbau masyarakat yang memenuhi persyaratan untuk segera melakukan pendaftaran.

‘’Masih ada kesempatan sampai dua hari ke depan. Kalau ragu mendaftar sendiri, silakan ke sekolah. Tapi pilihan sekolah tetap di tangan orang tua maupun siswa,’’ tandasnya. (Rams/irs/madiuntoday)