RTH Merak Juga Nyaris Selesai, 90 Persen Pekerjaan Tercapai




MADIUN – Pembangunan ruang terbuka hijau (RTH) di tahun ini juga ada di Kelurahan Nambangan Kidul. Tepatnya di pertemuan Jalan Parkit dan Jalan Elang II. Pun, RTH yang diberi nama RTH Merak tersebut sudah nyaris rampung. Kepala Bidang Prasarana Sarana dan Utilitas Ruang Terbuka Hijau, Penerangan Jalan Umum dan Pemakaman Dinas Perkim Kota Madiun Andi Anto menyebut pembangunan sudah mencapai 90 persen saat ini.

‘’Sudah 90 persen, tinggal finishing,’’ katanya, Selasa (13/6).

RTH Merak berbeda dengan RTH lainnya. RTH memiliki atap peneduh berkonsep melengkung yang cukup tinggi. Di kanan kirinya terdapat mini taman. Payung dan kursi taman juga tak lupa ditambahkan. RTH tersebut sebelumnya merupakan lapangan kosong.

Andi menambahkan saat ini pembangunan saat ini menyisakan pekerjaan akhir. Mulai pemasangan keramik lantai, pengecetan, dan lainnya. Andi menyebut pekerjaan ditarget rampung dalam beberapa hari ke depan.

‘’Secara garis besar, semua pembangunan RTH tahun ini nyaris rampung semua,’’ ujarnya.

RTH Merak juga menelan anggaran Rp 200 juta. Pekerjaan dimulai sekitar April lalu. Dalam APBD murni 2023, kata Andi, setidaknya terdapat tujuh RTH. Pemerintah Kota Madiun memang terus berupaya menambah RTH di Kota Pendekar. Lahan-lahan yang masih kosong disulap untuk dijadikan RTH atau berbagai fasilitas umum (fasum) lainya. Setidaknya, total luasan RTH di Kota Madiun sudah mencapai 56,37 hektar dengan sebanyak 75 titik. Tidak hanya sarat akan pepohonan, RTH juga dilengkapi dengan arena bermain anak dan tempat nongkrong yang asik.

‘’Selain RTH, kita juga ada dua Kampung Tematik di Kelurahan Kanigoro dan Kelurahan Sogaten,’’ pungkasnya sembari menyebut anggaran masing-masing Kampung Tematik mencapai Rp 300 juta. (rams/agi/madiuntoday)