Hari Donor Darah Sedunia, UDD PMI Kota Madiun Sediakan Sembako Gratis Bagi 100 Pendonor Pertama




MADIUN - Peringatan hari donor darah sedunia dijadikan momentum untuk mengapresiasi para pendonor darah yang dengan sukarela menyumbangkan darahnya untuk sesama.

Seperti yang ada di Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Madiun yang menyediakan sembako gratis bagi 100 pendonor pertama, Rabu (14/6). Kepala Pelayanan UDD PMI Kota Madiun, Dwi Santoso mengatakan, upaya PMI ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan darah di wilayah kerjanya.

Dwi mengatakan, sejauh ini pendonor aktif di UDD PMI Kota Madiun didominasi usia produktif. Karena itu, diharapkan ada peran anak muda berusia minimal 18 tahun untuk ikut melakukan donor darah.

“Di hari donor darah sedunia ini, harapannya generasi muda lebih aktif berperan serta untuk mendonorkan darahnya demi kemanusiaan,” terangnya.

Program tersebut menarik animo masyarakat. Terlihat banyak warga yang mengantri di depan UDD PMI untuk mendonorkan darahnya. Ada yang diizinkan mendonorkan darahnya, adapula yang gagal karena alasan kesehatan.

Di antara yang berhasil mendonorkan darahnya yakni Siti Aisyah warga Jalan Mayjend Sungkono. Dirinya mengaku sebelum berdonor, ada skrining kesehatan yang dilakukan petugas PMI untuk mengetahui layak tidaknya berdonor.

Sementara itu pada momentum hari donor darah sedunia, dirinya meminta agar pelayanan PMI lebih ditingkatkan. “Ajakannya kepada masyarakat ya supaya rutin donor darah, karena donor darah bisa membantu orang-orang yang membutuhkan, utamanya yang sedang sakit dan memerlukan darah. Donor darah kan juga menyehatkan kita,” pungkasnya.
(Ney/kus/madiuntoday)