Wujudkan Zero Halinar, Lapas Kelas I Madiun Gelar Sidak Dan Tes Urine Bagi Warga Binaan




MADIUN – Upaya deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban terus dilakukan oleh Lapas Kelas I Madiun. Hal ini sebagai cara mewujudkan zero handphone, pungli, dan narkoba (halinar) di lembaga pemasyarakatan tersebut.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggelar kegiatan inspeksi mendadak (sidak) penggeledahan kamar hunian warga binaan. Serta, tes urine secara berkala.

‘’Kegiatan ini kami lakukan untuk mencegah barang-barang terlarang di lingkungan Lapas Kelas I Madiun,’’ ujar Kalapas Kelas I Madiun, Kadek Anton Budiharta.

Kegiatan penggeledahan kamar hunian dan tes urine dilaksanakan pada Selasa (13/6). Sebelumnya, seluruh warga binaan dikeluarkan dari dalam kamar hunian agar tidak yang melakukan sidak bisa mendapatkan hasil maksimal.

Setelah penggeledahan kamar, kegiatan dilanjutkan dengan pengarahan dari Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan Hero Sulistyono, Kepala Adm. Kamtib Lukman Agung Widodo, dan Kabid Pembinaan Budi Ruswanto kepada warga binaan. Yakni, untuk tetap menjaga kesehatan dan kebersihan. Baik kebersihan diri, kamar, dan lingkungan sekitar agar terhindar dari penyakit.

‘’Ini merupakan salah satu bentuk komitmen kami untuk mewujudkan Lapas Kelas I Madiun Zero Halinar,’’ tandasnya. (Rams/irs/madiuntoday)