Dispusip Ajak Duta Literasi Lawatan Situs Bersejarah di Kota Pendekar




MADIUN - Sebanyak 27 duta literasi Kota Madiun diajak berkeliling Kota Pendekar untuk mengunjungi lokasi bersejarah yang ada di kota ini.

Lokasi bersejarah yang dikunjungi yakni Bakorwil, SMPN 1 Kota Madiun, Gereja St Cornelius, Masjid dan Makam Taman, hingga Masjid dan Makam Kuncen.

“Jadi ini pelaksanaan kelas menulis duta literasi. Sebelum menulis, mereka kami ajak berkeliling di lokasi-lokasi bersejarah yang ada di Kota Madiun,” jelas Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Madiun, Heri Wasana, Kamis (15/6).

Dalam setiap kunjungan ke lokasi bersejarah, para duta literasi didampingi pemandu yang akan memberikan mereka gambaran sejarah tentang tempat-tempat yang didatangi.

“Kelas menulis duta literasi ini sudah diadakan sejak dulu tapi dulu hanya di dalam ruang. Ini kita bawa mereka keluar supaya bisa mendapat inspirasi untuk membuat tulisan dengan tema pemajuan kebudayaan Kota Madiun,” ucapnya.

Nantinya, lanjut Heri, tulisan yang sudah dibuat oleh para duta literasi akan dibukukan untuk digunakan sebagai sarana memperkaya khazanah sejarah tentang Kota Madiun.

“Harapannya tentu kita tanamkan sejak dini anak-anak cinta literasi dengan kita berliterasi kita membuka cakrawala. Juga, dengan tulisan yang dibukukan harapannya yang belum tahu tentang sejarah Kota Madiun bisa lebih tahu dan mengerti tentang sejarah kota,” pungkasnya.
(Dspp/kus/madiuntoday)