Tertib Berlalu Lintas, Pengemudi Angkutan Barang Dapat Reward dari Petugas




MADIUN – Ada yang unik dalam gelaran inspeksi keselamatan angkutan barang di Kota Madiun. Tidak hanya sekedar melakukan tilang bagi pelanggar, petugas juga memberikan reward kepada mereka yang telah tertib. Hadiah berupa buah tersebut merupakan bentuk apresiasi sekaligus promosi keselamatan berlalu lintas.

‘’Kita memberikan reward berupa buah kepada pengemudi kendaraan angkutan barang yang sudah tertib dan (surat-surat) lengkap. Kita beri buah biar sehat dan menambah konsentrasi dalam berkendara,’’ kata Kanit Turjawali Satlantas Polres Madiun Kota, Ipda Estin Dian Marsasi, Kamis (15/6).

Setidaknya ada 25 pengemudi yang beruntung tersebut. Kegiatan tersebut juga sebagai bentuk kampanye keselamatan lalu lintas. Estin berharap pengemudi yang melanggar semakin terpacu untuk tertib. Estin menambahkan Kota Madiun yang merupakan smart city juga harus dibarengi dengan pengendara yang juga smart dalam berlalu lintas.

‘’Ikon smart city Kota Madiun ini harus didukung juga dari masyarakatnya. Terlebih dari pengendara yang juga harus cerdas dalam belalu lintas. Kita terus dorong ke arah sana,’’ ujarnya.

Sebaliknya, pengendara yang melanggar juga diberikan tindak tegas dengan penilangan. Setidaknya, terdapat sembilan kendaraan yang melanggar dan diberikan blangko tilang. Pelanggaran pun beragam. Kebanyakan tidak dilengkapi dengan surat-surat berkendara juga telah lewat masa uji kir kendaraannya.

‘’Tindak tegas tetap kita berlakukan. Tetapi yang sudah tertib kita beri apresiasi biar dicontoh yang lain,’’ pungkasnya. (ws hendro/agi/madiuntoday)