Puncak Hari Jadi ke-105, Koreografi Pencak Silat Hingga Marching Band Sukses Meriahkan Gelaran Upacara




MADIUN – Puncak Peringatan Hari Jadi ke-105 Kota Madiun berlangsung khidmat melalui gelaran upacara. Berlangsung di Alun-alun kegiatan juga menyajikan sejumlah pertunjukkan. Yakni, Koreografi 105 Pencak Silat, paduan suara dari Forum Pembauran Kebangsaan, Marching Band Gita Taruna Angkasa SMA Negeri 3 Taruna Angkasa Kota Madiun, Marching Band Politeknik Perkerataapian Indonesia (PPI), dan Marching Band dari Yonif Para Raider 501 Bajra Yudha.

Kabid Kurikulum, Pembinaan Bahasa dan Sastra Dinas Pendidikan Kota Madiun, Slamet Hariyadi menyebut koreografi pencak silat melibatkan pelajar serta IPSI Kota Madiun. 105 pelajar tersebut berasal dari 14 perguruan pencak silat yang ada di Kota Madiun. Ratusan pendekar itu menampilkan pencak silat Panca Karya serta jurus dari masing-masing perguruan. Tak hanya itu, mereka juga membentuk formasi 105 dalam kegiatan tersebut.

‘’Pencak silat sudah budaya kita. Makanya, kita hadirkan dalam rangkaian upacara Hari Jadi ini,’’ katanya, Selasa (20/6).

Selain itu, pertunjukkan marching band dari tiga instansi berbeda juga tak kalah seru. Mereka tidak hanya membawakan lagu-lagu khas Kota Madiun, tetapi juga memamerkan berbagai kebolehan. Mulai membentuk formasi hingga membuat menara dari peralatan marching band. Tak ayal pertunjukkan menarik perhatian peserta upacara dan masyarakat yang hadir menyaksikan.

Tak hanya itu, dalam gelaran upacara juga diberikan sejumlah penghargaan kepada OPD hingga masyarakat. Di antaranya, penghargaan pelaksana reformasi birokrasi 2022, penghargaan akuntabilitas kinerja 2022, survei evaluasi pelayanan publik 2022, dan survei kepuasaan masyarakat 2022 yang diraih Bagian Organisasi. Inovasi Kompetisi Kota Madiun (KIAT) predikat terinovatif 1 untuk Awak Sigap dan terinovatif 2 untuk madiuntoday Ngegas Ekonomi dari Dinas Kominfo.

Ada juga kategori inovasi Unit Layanan Pemerintah Daerah dari Kelurahan Taman yang berhasil meraih predikat terinovatif 1 untuk inovasi Taman Peduli Jiwa Warga (Tali Jiwo). Sedang terinovatif 2 diraih SMPN 11 dengan inovasi Pendekar UMKM 11. Sementara untuk kategori Inovasi Masyarakat predikat terinovatif 1 diraih Andre Samuel dan tim melalui inovasi SOLUSI APP dan terinovatif 2 diraih Faisal Najmudin melalui inovasi wood palette berbasis limbah. Dalam kesempatan itu juga diserahkan juara lomba koperasi berprestasi bagi KSP wanita tingkat Kota Madiun 2023. (ney/agi/madiuntoday)