Kloter Terakhir Jemaah Haji Asal Kota Madiun Berangkat ke Tanah Suci




MADIUN - Kloter terakhir jemaah haji asal Kota Madiun berangkat ke tanah suci, Kamis (22/6). Jemaah calon haji yang berangkat sebanyak empat. Mereka masuk dalam kloter 86 embarkasi Surabaya, bergabung dengan jemaah asal 13 kota/kabupaten di Jawa Timur, di antaranya Kota Malang, Mojokerto, Jombang, Pasuruan, dan Tulungagung.

Hal itu seperti yang dikatakan Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh kantor Kemenag Kota Madiun, Koirul Kamami. Dirinya menjelaskan pada kloter terakhir ini, Jawa Timur mendapat kuota tambahan 1.300 jemaah. Sementara Kota Madiun mendapat jatah enam untuk tambahan.

Hanya, lanjutnya, dua jemaah menyatakan tidak bisa berangkat ke tanah suci. Salah satu faktornya karena kesehatan yang tidak memungkinkan untuk menunaikan ibadah haji. Sementara, empat jemaah tambahan yang berangkat haji kloter terakhir ini merupakan dua pasang suami istri.

“Kota Madiun mendapat tambahan enam orang, tapi yang sanggup (berangkat,red) hanya empat orang. Walaupun hanya empat tapi tidak mengurangi rasa khidmat dari pada pelaksanaan haji,” terangnya.

Tak lupa, Kamami mengimbau kepada para jemaah haji untuk menjaga kesehatan dan memaksimalkan ibadah wajibnya. Seperti diketahui, pada musim haji tahun ini secara keseluruhan Kemenag Kota Madiun telah memberangkatkan 187 jemaah terbagi empat gelombang.

Tahap 1 sebanyak 157 jemaah, dua di antaranya meninggal dunia. Tahap 2 19 jemaah, tahap 3 ada 7 jemaah dan tahap 4 ada empat jemaah.

“Karena disana itu cuacanya panas, tolong tenaganya dihemat. Memaksimalkan yang wajib dan rukunnya, sementara yang sunnah  hanya sekadarnya saja biar tetap sehat,” tutupnya.
(Rams/kus/madiuntoday)