Pastikan Stok Bapok Aman, Tim Gabungan Gelar Pemantauan Di Pasar Modern




MADIUN - Menjelang Hari Raya Idul Adha, Dinas Perdagangan Kota Madiun dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Madiun memastikan stok bahan kebutuhan pokok (bapok) di pasaran aman.

Untuk itu, pemantauan langsung di lapangan pun dilakukan. Hal ini seperti tampak pada kegiatan mereka di sejumlah pasar modern, Kamis (22/6).

Analis Perdagangan Ahli Muda Dinas Perdagangan Kota Madiun, Tri Prasetyaningrum mengatakan, hingga saat ini stok bahan kebutuhan pokok maupun harga cukup terkendali. Hal ini berdasarkan pemantauannya selama dua hari ini di pasar tradisional dan pasar modern.

Bahkan, menurutnya ada sejumlah komoditas yang saat ini mengalami penurunan harga. Di antaranya, cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih.

"Saat ini harga di pasar stabil. Hanya harga telur naik sedikit karena harga acuan penjualan (HAP) telur kan Rp 27 ribu secara nasional, tapi di pasar masih ada yang menjual Rp 28 ribu sampai Rp 28.500 per kg," ujarnya saat memantau Hypermart Plaza Madiun.

Sedangkan, untuk komoditas lainnya seperti gula pasir, beras, maupun minyak goreng saat ini stoknya melimpah. Bahkan, harganya juga cukup stabil tanpa ada kenaikan.

Meski begitu, Tri menuturkan bahwa pemantauan akan tetap dilaksanakan. Terutama, menjelang Hari Raya Idul Adha. Tujuannya, agar tidak terjadi gejolak di lapangan sekaligus mengendalikan laju inflasi.

TPID Kota Madiun juga terus berupaya mengantisipasi jika terjadi lonjakan tak terduga dengan menyiapkan sejumlah strategi pengendalian harga di pasaran.

"Kami mengimbau masyarakat jangan khawatir terkait stok dan harga karena kami akan terus melakukan pemantauan dan pengecekan di lapangan agar harganya stabil dan stoknya aman," pungkasnya. (Ney/irs/madiuntoday)