Serunya Outdoor Learning di Lapak UMKM, Bisa Lebih Fokus Belajar Mapel Sulit




MADIUN - Belajar mata pelajaran (mapel) sulit jadi lebih menyenangkan. Itulah yang dirasakan siswa-siswi SMPN 6 Kota Madiun saat mengikuti outdoor learning (ODL) di Lapak Semendung, Kamis (22/6).

Para siswa mendapatkan pengalaman wawancara langsung dengan para pedagang yang ada di lapak tersebut. Mulai dari pertanyaan cara menghitung harga dan laba yang didapat hingga belajar bagaimana cara wawancara yang baik dan benar seperti pada pelajaran Bahasa Indonesia.

“Cukup senang karena biasanya belajar di dalam kelas, ini belajar di luar. Bisa interaksi langsung ke pedagang dan menerapkan pembelajaran di dalam kelas,” aku Hasna Nabila Syarifah, siswa Kelas 7F selaku pengurus OSIS di SMP 6.

Tak hanya wawancara dengan pedagang, dari hasil interview tersebut siswa diminta membuat resume terkait apa yang sudah dilakukan di lapak tersebut. Harapannya, muncul kreatifitas dan siswa lebih termotivasi untuk belajar.

Hal itu sejalan dengan yang dikatakan Kepala Sekolah SMPN 6, Mila Puji Lestari. Kegiatan Outdoor Learning dibuat sebagai program unggulan yang harapannya membuat siswa lebih termotivasi.

“Tujuannya memberikan pengalaman langsung ke siswa bagaimana mereka berinteraksi. Menggali informasi ke narasumber. Bagaimana mereka menerapkan pembelajaran di kelas ke kehidupan,” pungkasnya.
(Rams/kus/madiuntoday)