Cegah Anak Stunting, Bumil Hingga Balita Cek Kesehatan Gratis di Rumdin Walikota Madiun




MADIUN - Penuntasan stunting jadi salah satu program prioritas Wali Kota Maidi. Maka dari itu tak heran jika pada perayaan HUT ke-105 Kota Madiun ini ibu hamil hingga balita stunting diikutsertakan dalam perayaan.

Seperti yang terlihat di Rumah Dinas Wali Kota pada Jumat (23/6). Sebanyak 50 ibu hamil dan 50 balita stunting dari seluruh kelurahan di Kota Pendekar menjalani pemeriksaan kesehatan gratis.

“Pemeriksaan ibu hamil meliputi periksa kesehatan, USG, dan konsultasi gizi. Sementara untuk balita pemeriksaan tinggi badan dan pemeriksaan berat badan,” terang Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB Kota Madiun, Denik Wuryani.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, tindak lanjut jika ditemukan berisiko tinggi pada ibu hamil akan disarankan untuk cek kesehatan lanjutan ke puskesmas ataupun fasilitas kesehatan lainnya.

Sementara untuk balita yang stunting, akan diberikan treatment lanjutan oleh tim pendamping keluarga atau kader kesehatan yang sudah ada di tiap kelurahan di kota.

Melalui kegiatan ini, Denik berharap untuk ibu hamil, baik ibu maupun bayi yang dilahirkan sehat dan tidak memiliki resiko stunting. Sementara anak-anak yang mengalami gangguan gizi bisa diketahui sehingga tidak stunting dan bisa tumbuh dengan baik.
(Rams/kus/madiuntoday)