Tak Sengaja Bertemu Wali Kota di Depot 99, Peneliti Asal Italia Sukai Layout Kota Madiun



MADIUN – Kota Madiun memang cukup menarik belakangan ini. Berbagai wisatawan berdatangan ke Kota Pendekar. Bukan hanya lokal namun juga turis internasional. Seperti Vittoria Giachino, mahasiswi S2 asal Italia yang sekaligus peneliti dari Universitas Copenhagen, Denmark ini. Ya, Vittoria yang berada di Kota Madiun untuk urusan penelitian tersebut tak sengaja bertemu Wali Kota Madiun, Maidi saat tengah makan di Depot Nasi Pecel 99, Kamis (22/6) malam. 


Tak ayal wali kota langsung mengajak untuk bergabung. Orang nomor satu di Kota Pendekar tersebut memang juga tengah ada kegiatan di Depot Pecel 99 tersebut. Mereka pun mengobrol banyak hal. 


‘’Jadi kebetulan kita sedang makan di depot 99 itu setelah ada meeting di hotel. Nah, kemudian pak wali kota datang dan mengajak kita gabung satu meja,’’ kata tim komunikasi proyek beras rendah karbon, Preferred by Nature, Fariz, Minggu (25/6).


Penelitian yang dilakukan Vittoria tersebut memang diimplementasikan oleh Preferred by Nature bekerja sama dengan Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan (KRKP) dan Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras Indonesia (PERPADI). Preferred by Nature sendiri merupakan semacam organisasi LSM yang berpusat di Denmark. LSM ini berfokus pada pengurangan emisi gas rumah kaca dan keberlanjutan bisnis yang ramah iklim, adil, dan menguntungkan semua pihak. Sedang, untuk biaya mendapatkan donor dari Uni Eropa (SWITCH-Asia Grants Programme). 


‘’Penelitian ini berfokus pada perkembangan dari proyek penurunan gas emisi rumah kaca di tingkat penggilingan padi dan dilaksanakan di lima kabupaten di Jawa Tengah dan Jawa Timur,’’ ujarnya sembari menyebut setiap kegiatan rapat nyaris selalu di Kota Madiun. 


Fariz menambahkan dalam pertemuan dengan Wali Kota Maidi tersebut banyak berbicara soal Kota Madiun dan penelitian yang sedang dilakukan Vittoria tersebut. Apalagi, wali kota merupakan mantan guru geografi. Tak heran, obrolan keduanya tentang alam dan lingkungan cukup nyambung. Wali Kota Maidi memang tengah gencar melakukan pembangunan yang berwawaskan lingkungan. 


‘’Vittoria sendiri juga mengungkapkan kekagumannya tentang Kota Madiun. Dia mengaku suka layout Kota Madiun yang menarik, bersih dan terang,’’ imbuhnya. 


Hal itu tentu bukan semata lantaran dihadapan Wali Kota Maidi. Namun, Vittoria yang sudah mengunjungi sejumlah daerah di Jawa Timur dan Jawa Tengah tersebut tentu banyak melihat perbedaan. Karenanya, dia dengan mudah melakukan perbandingan. Fariz menyebut proyek tersebut masih akan berlangsung dengan akhir 2024 mendatang. Namun, untuk data penilitian yang digali Vittoria sudah cukup. Namun, tidak menutup kemungkinan Vittoria bakal kembali berkunjung ke Kota Madiun. (ws hendro/agi/madiuntoday)