155 Jamaah Haji Kota Madiun Tiba Di Tanah Air




Kemenag Imbau Tetap Jaga Kesehatan Dan Ibadah

MADIUN – Sebanyak 155 jamaah haji gelombang pertama asal Kota Madiun akhirnya tiba di tanah air setelah sebulan lebih melaksanakan ibadah di tanah suci. Kedatangan para jamaah pun disambut oleh Wali Kota Madiun Maidi bersama perwakilan Forkopimda, pejabat Pemkot Madiun, dan jajaran Kemenag Kota Madiun di Wisma Haji setempat, Selasa (4/7).

Sekitar pukul 00.00, para jamaah tiba di Wisma Haji Kota Madiun setelah menyelesaikan pengecekan akhir dan pembagian koper di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Kota Madiun Khoirul Kamami mengatakan bahwa seluruh rangkaian ibadah haji dapat berjalan lancar. ‘’Alhamdulillah, berangkat dan pulang lancar tidak ada halangan. Meski sempat tertunda agak lama di Asrama Haji Sukolilo saat pembagian koper,’’ ujarnya.

Menurut Kamami, total jamaah haji Kota Madiun yang berangkat di gelombang pertama atau kloter dua embarkasi Surabaya ini mencapai 157 orang. Namun, dua di antaranya meninggal dunia di tanah suci dan langsung dimakamkan di sana.

Kemudian, ada empat jamaah yang tidak langsung pulang ke Kota Madiun. Melainkan, dua orang langsung menuju Solo, Jawa Tengah dan dua orang lainnya menuju Surabaya. ‘’Dijemput keluarganya. Sehingga, total yang pulang ke Madiun ini ada 151 orang,’’ terangnya.

Sesampainya di Wisma Haji, para jamaah langsung melaksanakan prosesi sujud syukur. Setelah itu, bertemu dengan keluarga masing-masing untuk kembali ke rumah.

Kamami pun berpesan kepada para jamaah untuk tetap menjaga kesehatan meski ibadah haji sudah usai. Serta, terus berupaya meningkatkan amal ibadah.

Sementara itu, Wali Kota Maidi mengucapkan selamat datang kepada para jamaah haji Kota Madiun yang sudah tiba di Wisma Haji. ‘’Semoga menjadi haji yang mabrur,’’ tandasnya. (Rams/irs/madiuntoday)