Agar Ternak Berkualitas, DKPP Bekali Peternak Kota Madiun Manajemen Pakan Ternak




MADIUN - Memberi pakan kepada ternak khususnya kambing dan sapi tak boleh sembarangan. Jangan asal gendut lalu bisa diperjual belikan. Lebih dari itu, ternak harus berkualitas dan memiliki kesehatan yang baik.

Hal itulah yang menjadi tujuan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Madiun memberikan pelatihan manajemen pakan ternak kepada 70 peternak kambing, domba dan sapi di Kota Madiun.

Pelatihan tersebut berlangsung di kantor DKPP selama dua hari, Mulai Rabu (5/7) dan Kamis (6/7). Kepala Bidang Pertanian DKPP Kota Madiun, Wahyu Niken Febrianti mengatakan, pelatihan bertujuan untuk mengubah pola pikir peternak. Artinya, pemberian pakan ternak tidak hanya asal kenyang, tetapi harus mempertimbangkan komposisi pakan yang benar.

“Harapan kami merka paham dalam pemeliharaan ternak harus ada hal-hal yang diperhatikan,” terangnya.

Ternak di Kota Madiun, lanjutnya, kebanyakan orientasinya untuk penggemukan sehingga harus ada teknis khusus. Yaitu pencampuran pakan ternak dengan memperhatikan komposisi karbohidrat, protein, vitamin dan gizi yang seimbang. Di antaranya menggunakan polar, premix, jagung dan rumput.

“Yang penting itu pengetahuan tentang komposisinya, jadi disesuaikan dengan kebutuhan ternak sesuai usianya,” ungkapnya.

Niken mengatakan, pelatihan manajemen pakan ternak baru dilaksanakan tahun ini. Kedepan akan diagendakan kegiatan serupa agar peternak di Kota Madiun terlatih memberikan pakan ternak dengan
mempertimbangkan komposisi dan nilai gizi.

Dalam kesempatan tersebut, Samsi salah seorang peternak yang mengikuti pelatihan merasa bersyukur mendapat pengalaman manajemen pakan ternak ini. Dirinya mengatakan mendapatkan ilmu baru.

“Terimakasih diadakan pelatihan ini. Jadi saya lebih tahu bagaimana cara memberi dan mengolah pakan ternak, tidak perlu setiap hari ngarit untuk cari makan ternak,” pungkasnya.
(Rams/kus/madiuntoday)