Tertarik Layanan Internet Gratis Profit M-Tech, Tim Kemenko Bidang Perekonomian Kunjungi Kota Madiun




MADIUN – Inovasi WiFi Gratis untuk Madiun Genggam Teknologi (Profit M-Tech) Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun berhasil masuk Top 45 Inovasi Terbaik tingkat nasional. Keberhasilan itu diumumkan 28 Juli tahun lalu. Sedang, piagam penghargaan diserahkan pertengahan Desember 2022 lalu. Keberhasilan itu tampaknya menarik pemerintah pusat untuk menelisik lebih jauh. Tak tanggung-tanggung, tim Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI turun gunung ke Dinas Kominfo Kota Madiun, Kamis (6/7).

Berbagai hal terkait Profit M-Tech pun ditanyakan. Mulai dari latar belakang layanan internet gratis tersebut hingga dampak pemanfaatan serta pengembangannya. Harapannya, kemanfaatan positif hadirnya layanan tersebut bisa diimplementasikan di kementerian maupuan daerah lain.

‘’Inovasi ini luar biasa ya. Ada banyak hal-hal baru khususnya terkait kemanfaatan dari inovasi ini,’’ kata Kepala Bidang Program dan Tata Kelola Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kementerian Koordinator Perekonomian RI, Wahyu Hercahyo.

Wahyu menyebut pihaknya baru sekilas mendengar terkait inovasi Profit M-Tech tersebut setelah berhasil masuk top 45 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) yang dipakarsai Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Menurutnya, inovasi layak untuk dikaji lebih jauh. Karenanya, dia bersama tim datang berkungjung ke Kota Pendekar. Wahyu menambahkan inovasi bukan hanya memberikan banyak manfaat. Tetapi juga sesuai dengan kebutuhan masyarakat era sekarang ini. Khususnya, dalam bidang peningkatan perekonomian.

‘’Tadi sudah banyak dijelaskan terkait kemanfaatan inovasi ini, tentunya mengenai IoT atau internet of things. Mulai untuk bidang pendidikan, kesehatan, budaya, sosial, dan tentu saja ekonomi yang dimana kami memang konsen di bidang perekonomian,’’ jelasnya.

Profit M-Tech, lanjutnya, sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Pasalnya, internet sudah menjadi kebutuhan. Pemerintah Kota Madiun hadir dengan layanan internet gratis berupa wireless fidelity (WiFi). Seperti diketahui, setidaknya ada dua ribu lebih titik WiFi gratis di Kota Madiun. Jangkauannya hingga di lingkungan masyarakat. Layanan ini hadir hingga di Poskamling setiap RT.

‘’Kami juga terus berupaya menghadirkan inovasi-inovasi baru. Semoga saja juga bisa masuk top 45 seperti di Kota Madiun,’’ pungkasnya. (dspp/agi/madiuntoday)