Mantap Dalami Tinju, Faldo Sukses Cetak Prestasi Gemilang




MADIUN - Dunia tinju ternyata membawa cerita baru bagi Faldo Ago Antonio. Bagaimana tidak, siswa SMKN 5 Kota Madiun itu sebelumnya sudah lama menekuni karate, lalu memilih banting setir menjadi atlet tinju.

Di olahraga adu jotos itu prestasinya justru moncer. Keputusan remaja 16 tahun itu dianggap tepat. Dirinya mengisahkan, saat masuk SMK bertemu dengan banyak teman yang aktif di olahraga kemudian menawarkan untuk ikut tinju.

Tak butuh waktu lama baginya untuk beradaptasi. Gerakan-gerakan karate yang sempat dipelajarinya jadi bekal melatih kemampuan fisik remaja asal Jalan Kaswari tersebut dalam bertinju.

Di bawah kepelatihan Ido Saputro, Faldo ditempa. Hingga akhirnya, dia memiliki kesempatan berpartisipasi dalam kejuaraan provinsi (Kejurprov) tinju di Probilinggo beberapa waktu lalu.

“Di Kejurprov bawa pulang medali emas,” akunya dengan sumringah.

Capaian itu diperoleh dengan cara yang tidak mudah. Karena sebelum ikut kejurprov, atlet Kota Madiun itu harus berjuang untuk menurunkan berat badannya.

‘’Saya turun di kelas youth 48 kilogram. Jadi, hampir setiap hari saya berusaha menurunkan berat badan minimal satu kilogram sebelum bertanding,” terangnya.

Hampir tiap pagi selalu latihan fisik dan berusaha tidak makan dua jam sebelum timbang (berat badan), kenang Faldo.

Bahkan, lanjutnya, saat gelaran kejurprov,
dirinya sempat tumbang alias knock out (KO) di awal-awal pertandingan. Tapi, Faldo berusaha bangkit. Hingga akhirnya bisa membawa pulang medali emas.

‘’Ini di luar dugaan. Sebab, saya tidak memprediksikan untuk mendapatkan juara. Setelah ini saya akan terus berusaha untuk menjadi yang terbaik seperti halnya Mike Tyson,’’ pungkasnya.
(istimewa/kus/madiuntoday)