Pembangunan Kota Madiun Melesat, Menparekraf: Sukses Dorong UMKM Naik Kelas




MADIUN - Pembangunan yang berorientasi terhadap pertumbuhan ekonomi mikro menjadi salah satu gol yang diharapkan oleh pemerintah pusat. Misi tersebut rupanya dieksekusi dengan baik di Kota Madiun.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengakui hal tersebut.

"Saya sangat berterima kasih atas inovasi Pemkot Madiun. UMKM pada dasarnya merupakan tulang punggung perekonomian, dan sektor tersebut difasilitasi dengan baik di Kota Madiun," ujarnya.

Menurut Sandiaga, pembangunan di Kota Madiun tak hanya terfokus di pusat kota. Di seluruh kelurahan, pembangunan lapak-lapak UMKM sukses dijalankan dengan baik. Fasilitas tersebut memberi ruang bagi UMKM untuk bertumbuh.

Menparekraf tunjuk contoh Lapak Obor, Lapak Semendung, hingga Kampung Pesona. "UMKM membuka potensi ekonomi baru. UMKM menciptakan lapangan kerja. UMKM menurunkan pengangguran," jelas Sandiaga.

Wali Kota Madiun Maidi mengapresiasi kunjungan Sandiaga di Kota Madiun. Menurut Wali Kota, pembangunan ikon-ikon dunia di Kota Pendekar memang dimaksudkan untuk menghadirkan potensi pariwisata baru.

Objek wisata, seperti umumnya di berbagai belahan dunia, selalu memberi impact positif terhadap perekonomian lokal.

Roda ekonomi kian berputar kencang, khususnya sektor UMKM. "Berkunjung ke Kota Madiun bisa menikmati ikon-ikon dunia di enam negara. Tanpa Visa maupun paspor. Kami ingin Kota Madiun menjadi magnet wisata dunia," terang Wali Kota Maidi.
(Ws Hendro/kus/madiuntoday)