Sah Google Partner for Education dampingi Kota Madiun Wujudkan Generasi Emas 2045




MADIUN – Ada yang menarik dalam pembukaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun ajaran 2023/2024 di Kota Madiun. Tidak hanya urusan pengenalan lingkungan sekolah semata. Namun, juga ada perjanjian kerja sama dengan PT Revo Indonesia Google Partner for Education dengan Pemerintah Kota Madiun. Perjanjian kerja sama tersebut terkait pendampingan untuk Pemerintah Kota Madiun khususnya terkait penerapan digitalisasi pembelajaran. Digitalisasi pembelajaran ini penting untuk mewujudkan generasi emas di 2045 mendatang.

‘’IT merupakan alat yang tidak bisa ditinggalkan untuk mengakses dunia. Karenanya, anak-anak kita harus melek digital. Hari ini, kita ada perjanjian kerja sama dengan google terkait pendampingan-pendampingan,’’ kata wali kota.

Perjanjian tersebut dilakukan antara Direktur PT Revo Indonesia Google Partner for Education, Papita Holy Gunawan dengan Wali Kota Madiun, Maidi. Penandatangan kerja sama bersamaan dengan pembukaan MPLS di Ngrowo Bening Edupark, Senin (17/7). Ke depan, akan ada banyak pendampingan melalui pelatihan-pelatihan dari google di Kota Madiun. Khsusunya, pelatihan kepada tenaga pendidik. Seperti diketahui, ada sejumlah pelatihan chrome book untuk tenaga pendidik di Kota Madiun sebelumnya. Bahkan, pelatihan juga sampai kepada pegawai di lingkup Dinas Pendidikan. Nah, ke depan pelatihan akan semakin masif dilakukan.

‘’Anak-anak sekarang sudah pegang laptop semua. Gurunya juga harus bisa. Bagaimana bisa menstransfer ilmu dengan baik kalau tidak bisa mengoperasikan laptop dengan maksimal,’’ ujarnya.

Kerja sama ini nantinya bakal memberikan banyak manfaat bagi Kota Madiun. Bukan hanya soal peningkatak SDM tenaga pendidik. Namun, juga dalam mewujudkan digitalisasi pembelajaran serta mewujudkan Google Reference School atau Sekolah Rujukan Google. Seperti diketahui, Pemerintah Kota Madiun tengah menyiapkan sejumlah sekolah agar bisa berstatus Sekolah Rujukan Google. Di tanah air, baru ada lima sekolah swasta yang sudah berhasil meraih status tersebut. Wali Kota Maidi bertekad menjadikan Kota Madiun sebagai sekolah negeri pertama yang berstatus Sekolah Rujukan Google.

‘’Dengan didampingi google saya rasa itu bisa cepat ya. Apa yang kurang akan terus kita sempurnakan demi kemajuan dunia pendidikan di kota kita,’’ pungkasnya. (ws hendro/dspp/agi/madiuntoday)