Ingin Gadgetmu Pakai Aksara Jawa? Yuk Ikuti Klinik Aksara di Perpusda




MADIUN – Kegiatan Muhibah Budaya Kota Madiun bertajuk Merajut Budaya Mataraman bukan hanya di Rumah Dinas Wali Kota Madiun. Namun, ada juga kegiatan lain yang tak kalah menarik. Seperti kegiatan Pawiyatan Jawa yang berlangsung di Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Madiun. Pawiyatan atau semacam pelatihan tersebut mengusung tema Aksara Jawa, Sesorah atau pidato, dan juga terkait Busana Jawa.

‘’Jadi ini merupakan rangkaian kegiatan Muhibah yang kemarin dibuka bapak Wali Kota Madiun di Rumah Dinas. Tetapi kita fokus kegiatannya lain,’’ kata Kepala Seksi Bahasa dan Sastra, Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY, Setya Amrih Prasaja, Jumat (21/7).

Kegiatan diikuti sebanyak 60 peserta yang terdiri dari guru dan siswa. Kegiatan sudah berlangsung sejak, Kamis (20/7) kemarin. Tidak hanya itu, ada banyak kegiatan lain. Yakni, workshop digitalisasi aksara Jawa dan juga klinik aksara. Masyarakat yang tertarik bisa mengikuti klinik aksara. Klinik Aksara dibuka untuk umum. Kegiatan masih berlanjut hingga dua hari ke depan.

‘’Kami berupaya bagaimana aksara Jawa ini bisa masif digunakan masyarakat. Karena sekarang era digital, kami juga berupaya masuk ke ranah itu,’’ jelasnya.

Pihaknya memberikan pelatihan bagaimana menggunakan aksara Jawa dalam perangkat digital. Baik itu smartphone atau laptop. Semuanya diajarkan dalam kegiatan workshop tersebut. Pihaknya juga mendatangkan narasumber jempolan dari unsur praktisi. Harapannya, kegiatan bisa berjalan optimal.

‘’Aksara Jawa ini salah satu produk warisan leluhur kita. Harus kita lestarikan. Harus terus kita kenalkan kepada generasi penerus. Itu kenapa salah satu pesertanya adalah dari unsur guru yang harapan kami bisa ditularkan kepada peserta didiknya masing-masing,’’ pungkasnya. (rams/agi/madiuntoday)