Isi MPLS Dengan Kegiatan Menarik, SDN Sukosari Ajak Siswa ODL Di Sejumlah Lokasi




MADIUN – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi jenjang SD negeri di Kota Madiun berlangsung selama dua pekan. Untuk itu, sejumlah kegiatan menarik disiapkan pihak sekolah agar siswa baru bisa lebih mengenal dan lebih akrab dengan lingkungan belajarnya ke depan.

Salah satunya seperti dilakukan oleh SDN Sukosari. Momen MPLS dimanfaatkan untuk meningkatkan keakraban siswa baru bersama warga sekolah. Caranya, dengan menggelar outdoor learning. ‘’Sudah dua kali dilaksanakan. Pertama, Jumat kemarin di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian. Kemudian, hari ini di dealer mobil Honda Bintang Madiun,’’ ujar Kepala SDN Sukosari, Muljono, Senin (24/7).

Di DKPP, para siswa diajak mengenal cara merawat hewan ternak. Juga, diajari proses pembibitan ikan. Sedangkan di dealer mobil, anak-anak diajak mengenal dunia otomotif.

Lebih lanjut, Muljono mengungkapkan bahwa kegiatan ODL bertujuan untuk memberikan variasi dalam MPLS. Sehingga, anak-anak tidak merasa bosan. Selain itu, juga sebagai upaya penguatan profil pelajar Pancasila dengan mengenalkan berbagai profesi kepada anak. Serta, memfasilitasi siswa inklusi di sekolah tersebut agar lebih mudah menerima materi dengan cara pembelajaran praktek.

Selain ODL, kegiatan MPLS juga diisi dengan pengenalan Chromebook tingkat dasar hingga mendatangkan narasumber dari berbagai profesi. Salah satunya, perbankan untuk mengajak anak lebih rajin menabung.

Muljono pun menambahkan, dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini SDN Sukosari mendapatkan 10 orang murid baru. Yakni, enam siswa dari Jalur Khusus dan empat lainnya dari Jalur Zonasi. Angka ini naik 250 persen dari PPDB tahun sebelumnya. Yaitu, hanya tiga siswa.

‘’Untuk itu, kami terus berupaya agar SDN Sukosari semakin mendapatkan perhatian masyarakat dan menjadi sekolah pilihan bagi orang tua untuk menyekolahkan anak,’’ tandasnya. (irs/madiuntoday)