Sambut Hari Kemerdekaan ke-78, Petugas Mulai Ganti Ratusan Lampion Bernuansa Kemerdekaan




MADIUN – Nuansa HUT Kemerdekaan mulai terasa di Kota Madiun. Selain, sudah banyaknya penjual bendera dan pernak-pernik khas kemerdekaan, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Madiun mulai melakukan dekorasi wajah Kota Pendekar. Petugas mulai mengganti dekorasi kota bernuansa merah putih. Kegiatan itu diawali dengan penggantian lampion di sejumlah titik kota.

‘’Jadi ini dalam rangka menyambut HUT ke-78 RI, dekorasi kota akan dibuat nuansa merah putih,’’ kata Kabid Prasarana Utilitas Umum, Pertamanan, PJU, dan Pemakaman Disperkim Kota Madiun, Andi Anto, Selasa (25/7).

Andi mengatakan puncak peringatan HUT memang masih bulan depan. Namun, persiapan sudah dimulai dari sekarang. Saat ini petugasnya mulai menyisir satu per satu lampion, untuk diganti. Dekorasi lampion memang sudah ada sebelumnya. Setidaknya, ada sekitar 400 lebih lampion yang akan diganti. Ratusan lampion tersebut berwarna hijau dan putih bertuliskan 105 Kota Madiun. Itu sebagai upaya Disperkim turut menyemarakkan Hari Jadi ke-105 Kota Madiun.

Nah, ratusan lampion itu akan diganti dengan nuansa merah putih. Selain itu, bertuliskan Madiun Kota Pendekar lengkap dengan logo pendekar, di bawahnya tertulis Disperkim. Kemudian sisi lain terdapat tulisan Panca Karya Kota Madiun. Yaitu Madiun Kota Pintar, Madiun Kota Melayani, Madiun Kota Membangun, Madiun Kota Peduli, dan Madiun Kota Terbuka.

‘’Tidak hanya mengganti dekorasi, kita juga memperbaiki ketika ada lampu mati karena rusak,’’ imbuhnya.

Andi menyebut lampion bernuansa merah putih itu akan di pasang di sejumlah titik. Di antaranya, di perempatan Klegen, Jalan Mastrip, Jalan Pahlawan, Alun-alun serta di pintu masuk kota. (ney/agi/madiuntoday)