Cegah Laka Lantas Anak Usia Dini, Satlantas Beri Imbauan Patuh Lalu Lintas




MADIUN – Memasuki tahun ajaran baru, kepadatan arus lalu lintas di wilayah Kota Madiun juga ikut meningkat. Utamanya, menjelang jam masuk dan pulang sekolah. Untuk itu, Satlantas Polres Madiun Kota memberikan imbauan kepada masyarakat supaya tetap aman selama dalam perjalanan.

Hal ini seperti disampaikan oleh Kasatlantas Polres Madiun Kota AKP Nanang Cahyono, Senin (31/7). Imbauan lalu lintas ditujukan bagi orang tua maupun siswa agar turut mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas.

‘’Pastikan kelengkapan surat-surat kendaraan seperti SIM dan STNK serta keamanan kondisi kendaraan sebelum digunakan,’’ ujarnya.

Kasatlantas juga mengajak masyarakat untuk senantiasa patuh menggunakan helm SNI saat menggunakan sepeda motor, baik bagi pengendara maupun penumpang. Serta, tidak berboncengan lebih dari satu orang.

Lebih lanjut, kasatlantas mengungkapkan bahwa saat ini data kecelakaan anak usia dini mengalami peningkatan. Salah satunya, disebabkan oleh penggunaan kendaraan bermotor bagi anak usia dini. ‘’Untuk itu, jangan memberikan fasilitas kendaraan bermotor kepada putra-putri kita yang belum memiliki SIM,’’ tegasnya.

Selain itu, disiplin lalu lintas juga penting dilakukan. Seperti, mematuhi rambu-rambu dan marka jalan demi keselamatan diri maupun pengendara lainnya.

‘’Hormati hak pejalan kaki dan pengguna jalan yang lain, sopan santun dalam berkendara untuk kenyamanan bersama,’’ imbuhnya.

Kasatlantas pun menambahkan, pihaknya juga mengimbau orang tua untuk memberikan fasilitas ramah lingkungan kepada buah hati, seperti sepeda. Atau, dapat memakai fasilitas transportasi bus sekolah yang telah disediakan oleh Pemkot Madiun.

‘’Mari utamakan dan budayakan keselamatan sebagai kebutuhan bersama,’’ tandasnya. (WS Hendro/irs/madiuntoday)