Pengerjaan Saluran Pancasila Surplus Tujuh Persen, September Pekerjaan Ditarget Selesai




MADIUN – Pasar Pancasila di Jalan Mayjend Sungkono juga akan bersolek. Namun, sebelum pengerjaan pasar, Pemerintah Kota Madiun akan melakukan penutupan saluran samping pasar Pancasila tersebut. Nah, saat ini pekerjaan saluran sudah melebihi dari jadwal yang direncanakan.

‘’Kalau sesuai rencana 59 persen. Saat ini ini sudah 66 persen. Jadi kita ada surplus tujuh persen,’’ kata Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) DPUPR Kota Madiun, Suyanto, Senin (31/7).

Pengerjaan, kata dia, ditarget sampai September mendatang. Saluran tersebut akan ditutup sepanjang 70 meter ke barat. Sementara untuk lebarnya mencapai sembilan meter. Di atasnya akan dibuat pedestrian seperti di Jalan Pahlawan. Tak hanya membangun pedestrian, pihaknya juga membuat kios untuk berjualan. Setidaknya, ada sepuluh kios berukuran 2x3 meter. Kios di luar pembangunan Pasar Pancasila. Sebab, pasar ada di bidang Cipta Karya.

‘’Jadi pembangunan kawasan itu ada dua bidang. Yang salurannya ada di bidang saya. Kalau Pasarnya nanti ada di bidang Cipta Karya,’’ ujarya sembari menyebut pembangunan menelan anggaran mencapai Rp 3 miliar.

Suyanto menyebut pihaknya juga akan menutup bagian atas saluran kutilang untuk yang di sebelah timur. Pengerjaan rencananya nanti di APBD Perubahaan sekalian dengan dengan penataan lingkungan kutilang. Namun, hal itu masih dalam proses pembahasan.

‘’Kawasan di sana akan dibuat semakin menarik nantinya. Ini masih proses dan akan dilanjutkan tahun depan,’’ pungkasnya.

Seperti diketahui, keberadaan pasar tradisional memang menjadi perhatian Wali Kota Maidi. Sebelumnya, sudah mengemuka rehab untuk pasar Sleko, pasar di Jalan Diponegoro, Pasar Sepoor, dan lainnya. Wali kota juga berencana merevitalisasi Pasar Kawak. (ney/agi/madiuntoday)