Usung Konsep Miniatur PeceLand, Kampung Tematik Kelurahan Kanigoro Dalam Proses Pembangunan




MADIUN – Kampung Tematik di Kota Madiun semakin bertambah. Salah satunya, di Kelurahan Kanigoro. Pembangunan Kampung Tematik di sebelah timur Lapak Kampir itu pun sedang dalam proses. Hadirnya Kampung Tematik tersebut diharapkan akan semakin melengkapi keberadaan lapak umkm di kelurahan tersebut.

‘’Lokasinya masih satu kawasan dengan lapak UMKM. Jadi memang diharapkan bisa melengkapi keberadaan lapak,’’ kata Subkoordinator Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman (Disperkim) Kota Madiun, Erna Hermawati, Kamis (3/8).

Erna menambahkan Kampung Tematik Kelurahan Kanigoro mengusung tema mini PeceLand. Asalannya, karena Kelurahan Kanigoro merupakan pusat atau pelopor penjual pecel gendong. Namun, Kampung Tematik tersebut nantinya juga bisa menjadi taman bermain pengunjung lapak. Tak heran konsepnya juga seperti RTH. Selain terdapat halaman yang cukup luas, juga terdapat dua gazebo kecil. Gazebo tersebut merupakan fasilitas pembatik untuk menampilkan produk unggulannya.

Selain itu, tentu saja juga terdapat lampu taman untuk penerangan, payung dan kursi pengunjung. Di sisi utara terdapat greenhouse untuk beraneka tanaman bahan pecel. Erna menyebut anggaran pembuatan Kampung Tematik sebesar Rp 300 juta. Pengerjaan ditarget selesai sebelum akhir tahun nanti.

‘’Prinsipnya ini juga untuk penyempurnaan lapak. Harapan kami bisa menjadi pendongkrak kunjungan wisatawan ke lapak,’’ ungkapnya.

Seperti diketahui, Pemerintah Kota Madiun terus menambah keberadaan RTH dan Kampung Tematik. Sampai saat ini setidaknya total luasan RTH di Kota Madiun sudah mencapai 56,37 hektar dengan sebanyak 75 titik. Sementara di tahun ini ada sebanyak tujuh RTH dan dua Kampung Tematik baru. Selain di Kanigoro, Kampung Tematik juga tengah proses pembangunan di Kelurahan Sogaten. (rams/agi/madiuntoday)