Layanan Bus Sekolah Pakai Kartu Ber-chip Sekarang, Dishub Siapkan Google Form Untuk Pendataan Ulang




MADIUN – Tahun ajaran baru telah dimulai. Layanan bus sekolah pun jalan lagi. Nah, bagi pelajar yang ingin mendapatkan layanan bus sekolah ini wajib melakukan pendaftaran lagi. Hal itu diperlukan karena adanya perbaruan kartu elektrik bus sekolah sekaligus pendataan ulang peserta didik yang memanfaatkan layanan.

‘’Jadi ada perbaruan kartu elektriknya. Kartu yang baru kita tambahkan chip seperti kartu ATM,’’ kata Dinas Perhubungan Kota Madiun, Subakri, Kamis (3/8).

Subakri menambahkan, hal itu dilakukan untuk peningkatan pelayanan. Pelajar yang menggunakan layanan bus sekolah tidak perlu lagi scan barcode seperti sebelumnya. Melalui kartu elektrik dengan chip ini, peserta didik cukup menempelkan kartu pada alat yang terpasang di bus. Namun, sementara alat pembaca itu baru terpasang di tiga armada bus dan satu lainnya di armada angkot sebagai uji coba.

‘’Saat kartu ditempelkan pada alat, langsung ada pemberitahuan ke nomor WA orang tua yang didaftarkan. Jadi orang tua bisa mengetahui anaknya naik bus berapa dan sudah sampai mana,’’ jelasnya.

Sebab, pihaknya juga menambahkan layanan tracking GPS. Hal itu memudahkan orang tua yang ingin menjemput anak di lokasi penjemputan. Subakri menyebut perbaruan kartu tersebut sedang dalam proses. Karenanya, diperlukan pembaruan data siswa yang ingin mendapatkan layanan ini. Pendaftaran bisa dilakukan melalui google form https://forms.gle/gL8eoh3rzhvDrH3w5.

‘’Kami sekaligus ingin melakukan pendataan ulang karena banyak pelajar yang sudah lulus atau sudah tidak bersekolah di Kota Madiun,’’ terangnya.

Subakri menyebut setidaknya sudah ada 100 pendaftar sampai saat ini. Pendaftaran tidak dibatasi. Pelajar yang ingin mendapatkan kartu elektrik berchip ini harus melakukan pendaftaran di google form tersebut. Kartu akan dibagikan secara gratis kemudian. Subakri berharap pendataan bisa klir bulan ini.

‘’Karena pendataan ini penting, kami berharap orang tua bisa melakukan pendaftaran melalui google form yang telah kami sediakan,’’ pungkasnya. (ney/agi/madiuntoday).