Tampil Beda, SMPN 11 Kota Madiun Hadirkan Karnaval Dalam Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW




MADIUN - Dengan tujuan penumbuhan karakter siswa yang sejalan dengan salah satu aspek dari profil Pelajar Pancasila, yaitu keimanan dan ketakwaan, SMPN 11 Kota Madiun menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Berbeda dari lainnya, kegiatan ini diisi dengan karnaval yang memberikan kesempatan bagi siswa untuk menyalurkan kreativitas mereka.

Acara dibuka dengan sambutan Kepala Sekolah Moch. Agus Setiono, yang menggarisbawahi pentingnya menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan. "Kita harus meneladani akhlak Rasulullah dalam setiap aspek kehidupan kita," ungkapnya.

Karnaval ini bertujuan untuk melakukan syiar kepada masyarakat dan menanamkan teladan baik Nabi Muhammad SAW dalam dakwahnya. Rute dari karnaval meliputi Jalan Tanjung Raya - Jalan Setia Budi - Jalan Kelapa Manis, dan diikuti oleh 621 siswa dari kelas 7 hingga kelas 9.

Dalam perayaan ini, siswa tampil mengenakan baju muslim dan kostum menarik khas tokoh Islam serta menampilkan kebudayaan Islam di Indonesia, seperti gunungan dan hadrah. Selain itu, di tengah rute, penampilan siswa dinilai oleh dewan juri. Mereka menampilkan berbagai pertunjukan, salah satunya nyanyian religi dan sholawat yang diiringi alat musik tabuh.

Setelah karnaval, kegiatan dilanjutkan dengan Makbyur atau Makan Bersama dengan Buah dan Sayur, di mana siswa dan guru makan bersama dengan buah dan sayur, mempererat kebersamaan dan rasa syukur. Acara ini juga diwarnai dengan lomba yang bertujuan memberikan apresiasi terhadap prestasi siswa serta hiburan berupa doorprize.

Melalui kegiatan ini, baik guru maupun siswa SMPN 11 Kota Madiun diharapkan dapat menanamkan nilai-nilai keislaman dan kebudayaan yang dapat membentuk karakter baik dalam berkehidupan dan bermasyarakat. (rams/uli/diskominfo)