Tak Hanya Ajang Raih Prestasi, LKS SMK Juga Sukses Serap Tenaga Kerja




MADIUN - Event Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK ke- XXXII tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2024 telah sukses digelar. Prosesi penutupan pun berlangsung meriah di Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Kota Madiun, Jumat (26/4) sore.

Adapun pelaksanaan LKS SMK Jatim ini telah berlangsung sejak 23 April 2024 lalu di 7 kabupaten / kota. Salah satunya, Kota Madiun dengan 18 bidang lomba dan 683 peserta. Sedangkan, jumlah total peserta mencapai 1.729 orang yang tersebar di 54 bidang lomba.

Tak hanya menjadi ajang kompetisi meraih prestasi, LKS SMK juga sukses menyerap tenaga kerja. Khususnya, dari lulusan SMK di Jatim melalui kegiatan Job Matching dalam event tersebut.

Kabid SMK Dinas Pendidikan Jatim Anny Saulina menuturkan bahwa kegiatan Job Matching telah diikuti oleh 1.566 peserta, 24 dunia usaha dan industri, 5 Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) , dan dua perguruan tinggi.

"Sebanyak 126 peserta telah mendapat kerja di dunia usaha dan industri selama Job Matching berlangsung," ujarnya.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Kepala Dindik Jatim Aris Agung Paewai. Dalam sambutannya, Aris mengatakan bahwa LKS SMK salah satunya sebagai upaya Pemprov Jatim untuk mempermudah siswa SMK agar terserap dunia kerja.

"Jangan sampai lulusan SMK malah menganggur," tegasnya.

Menurut Aris, adanya LKS SMK juga sebagai upaya mempersiapkan siswa agar memiliki kompetensi unggul. Sehingga, siap ditempatkan di mana saja sesuai bidang keahliannya.

"LKS tidak hanya adu prestasi dan kompetensi, tapi juga mempersiapkan diri siswa menghadapi dunia industri," imbuhnya.

Sementara itu, juara umum LKS SMK kembali diraih oleh Kota Malang dengan total penghargaan 12 juara 1, 5 juara 2, dan 8 juara 3. Sehingga, total penghargaan yang diraih mencapai 25 bidang lomba.

"Selamat untuk para pemenang. Mudah-mudahan produk terbaik yang kita siapkan ini mampu berprestasi di LKS SMK tingkat nasional di Provinsi Lampung Agustus nanti," tandasnya. (Ws hendro/irs/madiuntoday)