Serba-Serbi Upacara Peringatan 1 Abad PSHT



Pertunjukkan Seni Pencak Silat Kolosal, Pengukuhan Warga Kehormatan, Hingga Pemecahan Rekor Dunia


MADIUN – Upacara peringatan 1 abad Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) diwarnai dengan berbagai kegiatan menarik. Dalam event tersebut ditampilkan pertunjukkan seni pencak silat kolosal yang dilakukan oleh warga PSHT dari berbagai usia.


Penampilan seni bela diri itu juga semakin indah saat digabungkan dengan kesenian tradisional seperti Reog dan Jatilan. Selain itu, ada penampilan seni Tari Bedoyo Terate Emas yang tak kalah menarik perhatian.


Tak hanya itu, acara tersebut juga dihadiri oleh tokoh-tokoh nasional. Salah satunya, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa yang dikukuhkan sebagai warga kehormatan utama.


Prosesi pengukuhan dilakukan oleh Ketua Umum PSHT R. Moerdjoko HW dan Ketua Dewan Pusat PSHT Issoebiantoro. Yakni, dengan mengenakan sakral kepada perwira tinggi TNI AD tersebut di Gedung Graha Krida Budaya PSHT, Jumat (2/9).


Dalam kesempatan tersebut, Jenderal Andika Perkasa juga menandatangani peresmian monumen 1 Abad PSHT Emas di lokasi yang sama. Orang nomor satu di lingkup TNI AD itupun memberikan apresiasi terhadap PSHT.


‘’PSHT bukan hanya organisasi, tapi juga budaya. Way of living untuk melatih diri menjadi jiwa yang sehat,’’ tuturnya.


Untuk itu, Jenderal Andika Perkasa mengajak seluruh warga PSHT untuk dapat menyalurkan kemampuan yang dimiliki sebagai modal membangun bangsa. Bukan sebagai ajang pamer kekuatan yang berujung pada tindak kekerasan.


Dalam event tersebut juga dilakukan penyerahan penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (LEPRID) kepada pengurus PSHT atas capaian yang berhasil diraih. Yakni,  pelaksanaan Doa Keselamatan serentak secara hybrid dengan jumlah peserta terbanyak, yakni  157.093 peserta di 1540 tempat pada 1 September 2022. Juga, pelaksanaan kolosal pencak silat serentak secara hybrid dengan 157.093 peserta di 1540 tempat. Serta, penghargaan kepada PSHT sebagai organisasi pencak silat terbesar di Indonesia.


Sementara itu, pelaksanaan upacara 1 Abad PSHT dihadiri sejumlah tokoh nasional . Di antaranya, Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti, Anggota DPR RI Eddie Baskoro Yudhoyono, serta Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak. Juga, Wali Kota Madiun Maidi. (WS Hendro/irs/madiuntoday)