Tertib LKPM dan Banyak Beri CSR, PT Nitama Raih Juara 1 Investment Award 2022




MADIUN – Upaya pendampingan dan pembinaan yang dilakukan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Madiun kepada PT Nitama berbuah manis. Perusahaan yang bergerak di bidang jasa galvanis tersebut berhasil menjadi yang terbaik dalam Investment Award 2022 Tingkat Provinsi Jawa Timur. Penghargaan diberikan di Surabaya, Kamis (2/2) kemarin. PT Nitama merupakan perusahaan pertama di Kota Pendekar yang berhasil menjadi juara 1 kategori Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) klaster usaha kecil.


‘’Jadi sebenarnya kita sudah didaftarkan oleh Pemkot Madiun dalam hal ini DPMPTSP untuk mengikuti penghargaan ini. Tetapi tahun kemarin kita salah kategori dan tahun ini Alhamdulillah berhasil dapat juara 1,’’ kata Direktur PT Nitama, Finsa Almira Tania, Senin (6/2).


Penghargaan tersebut tidaklah mudah. Penilaian oleh tim Provinsi Jawa Timur dimulai dari pertengahan hingga akhir tahun. Pun, terdapat sejumlah item yang dinilai. Mulai ketertiban dan ketepatan dalam penyajian Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) hingga kontribusi kepada lingkungan dan masyarakat sekitar tempat industri. Seperti diketahui, PT Nitama cukup aktif berkontribusi kepada daerah dan masyarakat khususnya melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). 


‘’Laporan LKPM ini meliputi penambahan modal, realisasi, omset, hingga tenaga kerja yang harus dilaporkan setiap tiga bulan sekali. Alhamdulillah kami selalu tepat waktu,’’ ungkapnya sembari menyebut kontribusi kepada lingkungan dan masyarakat menjadi nilai tambah. 


PT Nitama setidaknya pernah turut mempercantik Kota Madiun melalui CSR pohon tabebuya di Jalan Pahlawan dan juga pohon buah di depan Rumah Dinas Wali Kota Madiun. Selain itu, PT Nitama juga berkontribusi terhadap perkembangan lapak UMKM kelurahan dengan memberikan bantuan lapak kontainer. Bantuan lapak kontainer ini diberikan untuk pedagang di lapak Kelurahan Sukosari. 


‘’Tahun ini, kita juga sudah mempersiapkan bantuan tempat sampah berbahan besi plat bergalvanis untuk UMKM di Sentra Kuliner Rimba Darma. Jumlahnya lebih dari 20 buah,’’ ujarnya. 


Sementara itu, Kepala DPMPTSP Kota Madiun, Rully Dwi Ratnasari menyebut Investment Award merupakan wujud apresiasi Pemprov Jawa Timur kepada pemerintah daerah dan para investor di Jawa Timur. Melalui penghargaan ini diharap semakin mendorong iklim investasi di Jawa Timur. Rully menambahkan penghargaan tidaklah mudah. Nyaris semua aspek usaha dinilai. Mulai perizinan, pelaporan, hingga peninjauan lapang dan wawancara. Perusahaan yang didaftarkan juga wajib mengisi kuisinoer dari tim penilai. 


‘’Jadi memang tidak mudah. Alhamdulillah PT Nitama ini selalu berkonsultasi dengan kita. Jadi kita juga mudah dalam memberikan pendampingan dan pembinaan,’’ ungkapnya.


Pembinaan yang dilakukan juga beragam. Mulai konsultasi hingga memberikan pendampingan langsung di perusahaan. Rully menegaskan pihaknya selalu siap berkunjung ke perusahaan saat diminta. 


‘’Prinsipnya kami juga memiliki fungsi pelayanan kepada masyarakat tetapi dalam segi usaha. Tentunya kami akan terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada perusahaan,’’ pungkasnya sembari berharap ada banyak perusahaan yang mendapatkan penghargaan serupa ke depan. (dspp/agi/madiuntoday)