berita - Details

Beranda Berita Details

SDN Sukosari Gandeng Brem Kenalkan Reptil Pada Siswa





Galeri Berita

SDN Sukosari Gandeng Brem Kenalkan Reptil Pada Siswa




MADIUN – Binatang reptil, khususnya ular, memiliki banyak jenis dan warna. Masing-masing pun memiliki tingkat bahaya yang berbeda jika bertatapan langsung dengan manusia. Untuk itu, mengenal jenis ular menjadi salah satu cara untuk dapat terhindar dari bahaya ketika bertemu langsung dengan hewan melata tersebut.

Hal itu pula yang dilakukan oleh Kepala SDN Sukosari, Muljono. Selasa (21/3), sekolah yang terletak di Jalan Sri Linuhung itu menyelenggarakan outdoor learning pembelajaran IPA. Khususnya, tentang keanekaragaman hayati mengenal jenis-jenis reptil. Dalam kegiatan itupun mereka menggandeng komunitas Bolo Reptil Madiun (Brem).

‘’Tujuannya, memberikan bimbingan kepada anak-anak agar mengetahui jenis-jenis reptil. Di mana habitatnya dan bagaimana cara menangani reptil,’’ ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, anggota Brem membawa sejumlah ular yang biasa ditemui masyarakat sehari-hari. Seperti ular weling, ular sawah, ular hijau ekor merah, viper, hingga piton kuning. Para siswa juga dijelaskan jenis-jenis bisa. Serta, cara masing-masing ular melindungi diri. Seperti mengeluarkan bisa, berderik, atau melilit mangsa.

Dengan kegiatan ini, Muljono berharap para siswa bisa memahami dan tahu cara menangani ular ketika bertemu secara langsung. ‘’Harapannya, bisa meningkatkan kehati-hatian siswa. Meski ularnya tampak kecil, bukan berarti tidak berbahaya,’’ imbuhnya.

Sementara itu, Moch. Surawi selaku anggota Brem sekaligus Relawan Pemadam Kebakaran Kota Madiun pengenalan ular sejak dini penting dilakukan. Selain sebagai cara menjaga diri, juga upaya untuk menjaga kelestarian ular itu sendiri.

‘’Kami harap anak-anak tidak berkontak langsung ketika bertemu ular. Namun, bisa melapor ke orang dewasa, termasuk kami juga siap membantu jika ada yang menemukan ular di lingkungan rumahnya,’’ tandasnya. (ney/irs/madiuntoday)


Galeri Berita