Kontingen Kota Madiun Turunkan 179 Atlet di 31 Cabor Porprov VIII, Wali Kota Harapkan Masuk 10 Besar




MADIUN – Gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Jawa Timur 2023 tinggal menghitung hari. Event tahunan tingkat provinsi tersebut bakal tersaji mulai 9-16 September mendatang. Setidaknya, ada empat daerah yang ditunjuk sebagai tuan rumah. Yakni, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Jombang, dan Kota Mojokerto.

Kontingen Kota Madiun setidaknya menerjunkan 179 atlet dari 31 cabang olahraga (cabor). Cabor yang diikuti mulai angkat berat, angkat besi, atletik, balap sepeda, biliar, bola basket, catur, e-sport, futsal, gulat, hapkido, judo, jujitsu, karate, kurash, menembak, muaythai, panahan, panjat tebing, pencak silat, petanque, renang, sambo, selam, senam, sepak takraw, sepatu roda, tenis lapangan, tenis meja, tinju, dan binaraga.

Nah, Wali Kota Madiun, Maidi tampaknya memberikan perhatian khusus kepada atlet kontingen Kota Madiun untuk (Porprov) tersebut. Bagaimana tidak, orang nomor satu di Kota Pendekar tersebut setidaknya menyiapkan anggaran Rp 1,2 miliar hanya untuk reward atlet. Mereka yang dapat medali emas, bakal diganjar Rp 40 juta.

‘’Untuk Proprov, apabila nanti dapat emas kita ganti Rp 40 juta, kalau perak Rp 20 juta, dan perunggu Rp 10 juta,’’ kata wali kota.

Namun, reward besar tersebut sebanding dengan target besar wali kota. Mantan Sekda Kota Madiun itu mematok kontingen Kota Madiun bisa masuk sepuluh besar perolehan medali. Hal itu, tentu bukan perkara mudah mengingat capaian kontingen Kota Madiun di gelaran sebelumnya. Kota Madiun hanya berhasil mengoleksi tiga emas, 17 medali perak, dan 13 medali perunggu. Dari perolehan itu, kontingen Kota Madiun harus puas di peringkat 24 dari 38 kota/kabupaten di Jawa Timur.

‘’Kalau target kita tinggikan sekalian biar atlet semangat. Kalau bisa ya masuk 10 besar lah,’’ harap wali kota.

Namun, wali kota juga tak membantah target itu cukup sulit diwujudkan pada tahun ini. Sebab, prestasi olahraga tidak bisa didadak. Harus melalui proses. Namun, wali kota optimis target itu bisa diwujudkan ke depan.

‘’Kita sudah punya atlet-atlet yang meraih medali. Totalnya ada 33 atlet. Mereka harus kita berikan perhatian agar bisa meningkatkan prestasinya,’’ ujarnya.

Wali kota berharapan, mereka yang meraih emas bisa tetap dipertahankan. Sementara yang kemarin mendapatkan perak dan perunggu bisa ditingkatkan. Sementara itu, penyiapan bibit-bibit atlet juga terus dilakukan. Hal itu penting untuk regenerasi.

‘’Kita sudah punya atlet-atlet yang pernah dapat medali. Saya kira untuk kembali mendapat medali tidaklah sulit. Tinggal bagaimana menjaga konsistensi itu,’’ pungkasnya. (rams/agi/madiuntoday)