berita - Details

Beranda Berita Details

Pemkot Madiun Gandeng Baznas Salurkan Bantuan Bagi Korban Kebakaran Di Kaswari




MADIUN – Bantuan berupa sandang, pangan, dan papan diserahkan oleh Pemerintah Kota Madiun dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Madiun kepada korban kebakaran di Jalan Kaswari Gang Modin, Kelurahan Nambangan Kidul, Senin (28/8).

Wali Kota Madiun Maidi didampingi oleh Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Kota Madiun, Heri Suwartana beserta Baznas juga pejabat kecamatan/ kelurahan setempat hadir secara langsung untuk menyerahkan bantuan kepada Rumi yang rumahnya habis dilalap si jago merah pada peristiwa kebakaran Minggu (27/8) siang.

‘’Ada bantuan uang juga Rp 2 juta untuk kebutuhan makan korban. Juga, nanti pemkot akan kerahkan tim untuk membangun rumah ini kembali,’’ ujar wali kota.

Menurut Mantan Sekda Kota Madiun tersebut, proses pembangunan rumah ditarget selesai sebelum satu bulan. Selama itu pula, pemilik rumah untuk sementara waktu ditampung di UPTD Loka Bina Karya, Jalan Srindit.

Wakil I Baznas Kota Madiun, Heri Irawan menuturkan bahwa bantuan diberikan oleh Baznas Kota Madiun melalui program Aksi Cepat Tanggap Darurat (ACTD) yakni berupa uang Rp 2 juta untuk memenuhi kebutuhan makan korban sehari-hari. Selanjutnya, juga diserahkan dana perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Rp 15-20 juta.

‘’Anggarannya kami serahkan ke kelurahan. Lalu, dari Baznas mengimbau kelurahan membentuk tim agar memudahkan pertanggungjawaban,’’ tuturnya.

Dalam pembangunan tersebut, nantinya Baznas juga dibantu Tagana Dinsos PPPA, BPBD Kota Madiun, dan Dinas Perkim.

Sementara itu, Rumi mengaku senang dengan bantuan yang disampaikan oleh wali kota. Meski sempat kaget, Perempuan 67 tahun itu berusaha tegar.

‘’Kebakarannya kemarin (Minggu, red). Saya sedang rebahan di dekat pintu. Tahu-tahu api sudah menjalar di atap,’’ ungkapnya.

Warga sekitar lantas membantu Rumi memadamkan api. Damkar Kota Madiun juga dikerahkan hingga akhirnya api berhasil dipadamkan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, harta benda di dalam rumah tersebut habis terbakar.

‘’Ada alat-alat elektronik seperti TV, radio, dan kulkas. Juga baju-baju habis terbakar,’’ tandasnya. (Dspp/irs/madiuntoday)


Galeri Berita

Pemkot Madiun Gandeng Baznas Salurkan Bantuan Bagi Korban Kebakaran Di Kaswari



  


Galeri Berita