Jangan Berlebihan, Minum Es Saat Cuaca Panas Bisa Picu Berbagai Penyakit




MADIUN - Cuaca Indonesia yang terik beberapa waktu terakhir ini memicu keinginan sejumlah orang untuk mengonsumsi es agar melepas dahaga.

Meski sepele, namun meminum es di tengah cuaca panas rupanya dapat memberikan efek negatif terhadap kondisi tubuh. Apalagi, jika dilakukan secara berlebihan.

Dilansir dari Indotnesi.suara.com, berbagai penyakit yang bisa timbul akibat mengonsumsi minuman dingin saat cuaca panas di antaranya :

1. Gatal tenggorokan dan pilek
Perubahan suhu yang tiba-tiba karena mengonsumsi es di cuaca panas dapat menyebabkan kontraksi pembuluh darah di tenggorokan. Hal ini memicu respons tubuh yang tidak diinginkan. Seperti, gatal tenggorokan hingga pilek.

2. Gangguan pencernaan
Bagi sebagian orang, es yang terlalu dingin dapat menyebabkan perut berkontraksi, mengganggu pencernaan makanan, dan menyebabkan perut kembung atau diare.

3. Sakit kepala
Minum minuman dingin dengan cepat saat cuaca panas dapat menyebabkan sakit kepala pembuluh darah atau brain freeze.

Hal itu terjadi ketika perubahan suhu yang drastis di mulut memicu kontraksi pembuluh darah di kepala, kemudian melebarkan kembali dengan cepat.

4. Gangguan sistem kekebalan tubuh
Terlalu banyak minum es dapat membuat tubuh menjadi kedinginan secara internal, sehingga melemahkan sistem kekebalan dan membuat kita lebih rentan terhadap infeksi.

5. Masalah gigi
Minum es terlalu sering atau terlalu cepat dapat berdampak buruk pada kesehatan gigi.

Perubahan suhu yang tiba-tiba dapat merusak lapisan luar gigi (email) dan memperburuk sensitivitas gigi.

Untuk itulah, minum minuman dingin saat cuaca panas sebaiknya dihindari dan perbanyak konsumsi minuman dalam suhu normal. Selain itu, minum dengan posisi perlahan dan porsi yang wajar agar tubuh terhidrasi dengan optimal. (Ws hendro/irs/madiuntoday)